Lestarikan Seni Tradisi, Warga Gelar Kabonena Puenjidi Festival

0
209
Para penari pamonte saat latihan menari di lokasi kegiatan Kabonena Puenjidi Festival. (Foto: Muhammad Rifki)
Para penari pamonte saat latihan menari di lokasi kegiatan Kabonena Puenjidi Festival. (Foto: Muhammad Rifki)

PALU, beritapalu.NET | Pemerintah Kelurahan bersama Kerukunan Pemuda Kabonena (KPK) dan Asosiasi Seniman Musik Indinesia (ASMI) Kota Palu mengelar pertunjukan seni budaya tradisional dan modern di Kompleks Perumahan Kabonena Permai Palu.

Festival yang mulai digelar pada 7 hingga 9 Oktober 2016 itu akan mengangkat seni tradisi local bertajuk “Kabonena Puenjidi Festival”.

Ketua Pantia Rahmat Hidayat mengatakan, iven itu akan banyak penampilan dari bebagai sanggar seni dan band lokal Palu. Selain itu, menampilkan pula dua tarian tradisional yakni tarian pomente dan tari Salonde yang dimainkan secara kolosal.

“ Yang jelasnya kegiatan lebih mengangkat budaya dan tradisi,” singkatnya.

Kabonena Puenjidi Festival juga mengadakan karnaval budaya yang diikuti oleh masing masing RT/RW dengan menggunakan alat transportasi tradisional yakni gerobak. Bukan hanya itu, di iven ini juga melaksanakan aksi sosial berupa donor darah dan senam pagi.

Nukman, salah seorang panitia menyebutkan, sebelum pelaksanaan Kabonena Puenjidi Festival 2016, diadakan lomba olahraga dan religi tingkat RW setempat meliputi sepak takraw, tenis meja dan bola kasti. Sedangkan untuk lomba religi meliputi lomba  adzan dan hifzil Qur’an.

Pada hari H, juga diadakan lomba tarik tambang dan enggrang atau dalam bahasa kaili disebut Tilako. “ Kegitan ini untuk menyongsong Kabonena Puenjidi Festival,” kata Nukman, Kamis (6/2/2016).

Senada dengan penggagas kegiatan yang juga pembina KPK, Hamzah mengatakan,  kegiatan yang digelar merupakan bentuk dukungan dengan program kerja Pemerintah Kota Palu yakni mengangkat kembali budaya tradisi yang ada dikelurahan. Sehingga, dalam iven kali ini, akan menampilkan beberapa tarian dan olahraga tradisional.

“Insya Allah tarian pomente sekira 200 ratus orang akan tampil, dengan tarian meaju serta tarian Salonde,” kata Hamzah. (iki/*)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here