Hotel Swisbell Palu Terendam Lumpur

0
264
Alat berat menyingkirkan lumpur yang menggenangi badan jalan di Jalan Sunagi malonda, Palu, Sulawesi Tengah, Selasa (4/10/2016). (Foto: bmzIMAGES/Basri Marzuki)
Alat berat menyingkirkan lumpur yang menggenangi badan jalan di Jalan Sunagi malonda, Palu, Sulawesi Tengah, Selasa (4/10/2016). (Foto: bmzIMAGES/Basri Marzuki)

PALU, beritapalu.NET | Hotel berbintang di Palu, Swissbel Hotel terendam lumpur akibat meluapnya sungai kecil yang terletak di samping hotel tersebut. Meski tidak sampai masuk ke dalam kamar-kamar, namun banjir yangmembawa material lumpur itu sempat menggenangi halaman hotel tersebut, Selasa (4/10/2016).

“Ini pertama kalinya terjadi. Biasanya ada hujan keras tapi tidak sampai banjir lumpur seperti ini,” ujar Hamid, salah seorang warga yang mengaku beriam tidakjauh dari hotel tersebut.

Penyebab banjir lumpur yang mengotori halaman hotel tersebut adalah luapan sungai dekat hotel tersebut. Hujan yang cukup deras semalam selama lebih kuranh 5 jam menyapu material dari atas gunung.

“Karena sungainya kecil dan saluran di jembatan yang sempit, maka air meluber ke jalan dan masuk ke hotel,” tambah Hamid.

Tak ayal lagi, air bercampur lumpur itu masuk ke halaman hotel dan merendamnya hingga sekitar 15 centimeter.

Para petugas tampak sedang membersihkan material lumpur coklat yang memenuhi hamper seluruh halaman hotel terebut termasuk di dibagian depan tempat berdirinya restoran.

Sementara itu, aliran air sngai yang meluap itu juga menutup badan jalan Trans Sulawesi yang menghubungkan Palu-Donggala. Antrean kendaraan tak dapat dielakkan lagi hingga sepanjang dua kilometer dari titik genangan lumpur.

Hingga sekitar pukul 09.00 Wita, Dinas Pertamanan setempat mengerahkan satu eskavator untuk menyingkirkan lumpur yang masih menggenangi badan jalan.

Sebelumnya Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Palu mengeluarkan peringatan dini tentang potensi hujan disertai angin kencang serta petir di Kota Palu.

Salah seorang forecaster BMKG Palu menyebutkan, musim hujan sesuai jadwalnya seharusnya di akhir Oktober, namun karena pengaruh La Nina, maka musim hujan itu datang lebih cepat. (afd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here