6 Kawanan Perampok Diringkus di Jalan Thamrin Palu

0
211
Ilustrasi (foto: bmzIMAGES/Basri Marzuki)
Ilustrasi (foto: bmzIMAGES/Basri Marzuki)

PALU, beritapalu.NET | Enam orang kawanan perampok berhasil diringkus jajaran tim gabungan Sat Reskrim Polres Palu, Polres Donggala dan Polres Mamuju Utara di Jalan Thamrin, Palu Timur, Jumat (30/9/2016). Keenam perampok itu masing-masing berinisial GT (48), AM (38), SM (47),  IB (39), BN (37), dan JS (29).

Salah seorang anggota Sat Reskrim Palu Bripka Hasrullah menjelaskan, sebelum oeprasi penangkapan dilakukan, tim gabungan sudah melakukan penyelidikan dan terdeteksi bahwa para perampok itu berdomisili di Kota Palu.

“Pada hari Kamis tanggal 29 September 2016 pukul 08.00 wita, kami mulai melakukan penyelidikan terhadap keberadaan pelaku bersama tim gabungan. Dan keesokan harinya (Jumat, 30/9/2016) sekitar 00.30 wita, kami mendapatkan informasi bahwa para pelaku sedang menuju ke tempat karaoke di Jalan Thamrin  kel. Besusu kec. Palu Timur kota Palu,” ungkapnya.

Setelah itu, tim gabungan langsung melakukan penggerebekan terhadap pelaku yang saat itu sedang mengendarai mobil Avanza warna putih. Ke—enamnya langsung diamankan.

Menurut Hasrullah, setelah diidentifikasi ternyata semua pelaku tersebut merupakan residivis dengan kasus yang sama yang berasal dari berbagai wilayah di pulau Sulawesi, yakni perampokan, bahkan salah satu dr pelaku yakni SM adalah DPO Polres Tolitoli yang sangat dicari karena telah melakukan perampokan bersama temannya di Malalang kota Tolitoli dengan cara korban disekap kemudian pelaku membongkar brankas di rumah korban dan memabwa lari uang Rp60 juta.

Selainitu, para pelaku itu juga adalah pelaku perampokan antarprovinsi baik di Jawa maupun Kalimantan.

Dari hasil interogasi semetara yang dilakukan, pelaku tersebut juga mengaku pernah merampok Jalan Cemangi Palu  dengan cara melukai korban dengan parang lalu disekap dan kemudian mengambil barang berupa emas, hp, uang tunai berjumlah Rp7 juta. Pernah pula melakukan perampokan di Lalundu kab. Donggala dan berhasil menggondol uang sebesar Rp150 juta dengan cara memecahkan kaca mobil yang sedang parkir.

Sejumlah barang bukti turut diamankan pada penagkapan itu seperti 7 buah handphone berbagai merek, obeng, pahat, martil, parang, badik, senajta rakitan, mobil Avanza, sebo (penutup kepala), dan sepeda motor.

“Informasi yang kami dapatkan, para pelaku itu memiliki 7 rumah kos-kosan di Kota Palu,” imbu Hasrullah. (afd/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here