Perusda Harusnya Diisi oleh Orang yang Berkompeten

Oleh : Azman Asgar
Asman Asgar
Asman Asgar

Perusahaan Daerah (Perusda) merupakan salah satu indikator kemajuan pembangunan dalam sebuah daerah baik dalam segi pendapatan daerah maupun sumber daya manusia yang ada di dalamnya. Itu sebabnya mengapa pembentukan Perusda dalam suatu daerah dianggap sangat penting. Di Kota Palu sendiri saat ini ramai dibicarakan soal Perusda, baik keberadaannya maupun peranannya.

Memang akhir akhir ini saya melihat peran aktif dari Perusda Kota Palu itu sendiri belum memberikan progres yang signifikan dalam melakoni peranannya sebagai representasi “pemerintahan yang mandiri”. Mengapa demikian? Karena seperti yang di sampaikan anggota DPRD Kota Palu yang di muat di beberapa media cetak, bahwa sampai saat ini Perusda belum menyetorkan hasil Pendapatan Asli Daerah (PAD) bagi Daerah itu sendiri.

Ini menurutku seharusnya tidak terjadi demikian padahal kita tau bersama bahwa salah satu alasan dibentuknya Perusda yakni adanya tanggung jawab otoritas pemerintah dalam mengelola dan mengatur sumber perekonomian di daerah tersebut

Perusda mempunyai tanggung jawab besar dalam setiap kemajuan dalam daerah itu sendiri, terutama Kota Palu. Untuk meminimalisir kesenjangan sosial dimasyarakat dan kemajuan pembangunan. Seharusnya Perusda menjadi determinan bagi kelangsungan Kota Palu kedepan.

Sederhananya menurut saya ialah melihat kemajuan suatu daerah yakni dapat melihat kinerja dari Perusda itu sendiri. Seberapa besar kontrolnya, seberapa besar kualitas pengelolaannya yang kemudian akan berdampak pada kemandirian daerah itu sendiri.

Untuk itu, seharusnya Perusda harus terus di evaluasi dalam setiap aktifitasnya, karena Perusda merupakan salah satu tumpuan dan harapan pembanguan Kota Palu ke depan. Jikalau dalam pembentukannya Perusda tidak memberikan dampak yang positif bagi daerah baiknya ada reformasi struktural yang harus ditempuh oleh otoritas tertinggi di Kota Palu dalam hal ini Walikota Palu.

Dan bagaimanapun ke depan Perusda harus diisi oleh orang orang yang kompeten dalam bidangnya, mampu menjabarkan dan mengimplementasikan kemandirian bangsa ataupun daerah. Bukan di isi oleh orang yang mempunyai kepentingan apalagi atas dasar balas budi. Karena sejatinya Perusda tidak hanya simbol negara berdaulat atas ekonominya tapi juga manifestasi dari negara yang mensejahterakan sesuai amanat Konstitusi Pasal 33 UUD 1945.

*) Penulis : Ketua Komite Pimpinan Kota Partai Rakyat Demokratik Palu (KPK PRD PALU)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here