Menteri Pariwisata Sambut Baik Rencana Tour de Celebest

0
177
Menteri Pariwisata Arief Yahya memberi sambutan pada pembukaan Festival Pesona Palu Nomoni di Palu, Sabtu (24/9/2016) malam. (Foto: bmzIMAGES/Basri Marzuki)
Menteri Pariwisata Arief Yahya memberi sambutan pada pembukaan Festival Pesona Palu Nomoni di Palu, Sabtu (24/9/2016) malam. (Foto: bmzIMAGES/Basri Marzuki)

PALU, beritapalu.NET | Menteri Pariwisata Arief Yahya menyambut baik rencana Pemprov Sulawesi Tengah yang akan menggelar event Tour de Celebest di 2017 mendatang. Sambutan positif itu dinyatakan Menpar ketika membuka Festival Pesona Palu Nomoni di Palu, Sulawesi Tengah, Sabtu (24//9/2016) malam.

Menurut Menpar, jika ingin mendapat manfaat ekonomi yang banyak dari kegiatan pariwisata maka Sulteng harus bisa menggelar event International Sport Tourism. “Event seperti ini, selain biayanya murah, juga efektif untuk menarik wisatawan,” sebut Arif.

Ia menyebut sejumlah daerah di Indonesia yang telah sukses menggelar event International Sport Tourism seperti itu dan rata-rata member efek bukan hanya kepada jumlah kunjungan wisatawan, tetapi juga tingkat pendapatan warga yang berdiam di daerah tersebut.

“Nah, saya mengapresiasi jika Pemprov Sulteng sudah punya rencana untuk membuat Tour de Celebest tahun depan, mudah-mudahan itu bisa terlaksana dan kami akan mensupportnya. Silakan pak Gubernur bikin usulannya dan sampaikan ke kami,” janji Arif Yahya.

Sebelumnya dalam sambutan Gubernur Sulteng Longki Djanggola dikatakan, tahun depan akan membuat event internasional berupa Tour de Celebest dengan 5 etape dan melintasi 5 wilayah di Sulteng, yakni Ampana, Poso, Parigi, Mantatimali, dan Palu. Tour ini akan diintegrasikan dengan sejumlah kegiatan festival.

Untuk mewujudkan hal itu, gubernur meminta jajarannya yang terkait agar dari sekarng belajar dari daerah-daerah yang sudah suskes menyelenggarakan event seperti itu, seperti Tour de Singkarak dans ejumlah daerah lainnya. “Kalau ini bisa kita laksanakan, maka Sulteng akan menjadi daerah kelima di Indonesia yang memiliki tour berskala internasional,” sebut Gubernur. (afd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here