Poso Targetkan Cetak Sawah Baru 32 Ribu Hektar

0
189
Personel TNI melakukan penanaman perdana pada pencetakan sawah baru di Pamona Barat, Poso, Sulawesi Tengah, Selasa (20/9/2016). (Foto: Mitha)
Personel TNI melakukan penanaman perdana pada pencetakan sawah baru di Pamona Barat, Poso, Sulawesi Tengah, Selasa (20/9/2016). (Foto: Mitha)

POSO, beritapalu.NET | Meskipun masih menjadi daerah perburuan kelompok militant, namun Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah tetap berusaha berpartisipasi mewujudkan swasembada pangan nasional. Caranya, salah satunya dengan melakukan pencetakan sawah baru.

Tahun ini, target pencetakan sawah baru di Poso mencapai 32 ribu hektar dan hingga saat ini sudah terealisasi hingga 28 ribu hektar.

Untuk menambah realisasi tersebut, Kecamatan Pamona Barat juga melakukan pencetakan sawah baru seluas 2 ribu hektar yang dilakukan Dinas Pertanian Kabupaten Poso bersama Kodim 1307 Poso di bawah komando Korem 132 Tadulako.

Tak hanya itu, sebanyak 241 hektar lahan persawahan juga dibuka di desa Salukaiya, kecamatan Pamona Barat. Sedangkan 363 hektar di desa Meko sedang dalam proses penanaman yang dikerjakan oleh kelompok tani Balongki dan Brigade Tanam dari personel TNI untuk periode tanam April hingga September.

Untuk sejumlah lokasi yang telah siap ditanami di kabupaten Poso secara keseluruhan mengikuti kegiatan tanam serentak di lokasi cetak sawah baru.

Pelaksanaan tanam perdana tersebut dilakukan oleh Dandim 1307 Poso Letkol Infantri Ryan Hanandi, pelaksana teknis lapangan utusan Kodam VII Wirabuana Kapten Caca, Kadis Pertanian Kabupaten Poso Murniaty Putosi bersama warga setempat dan para Bintara Pendamping Desa.

Menurut Ryan Hanandi, dengan segala bentuk yang diberikan oleh pemerintah kepada masyarakat Poso mulai dari alat pertanian, pupuk, hingga bibit serta pendampingan bagi masyarakat petani merupakan bentuk nyata kepedulian pemerintah kepada masyarakat.

Menurut Kadis Pertanian Poso, kegiatan tanam serentak itu dilakukan dalam rangka mendukung program luas tambah tanam dengan lokasi yang telah siap ditanami dikecamatan Pamona Barat sampai saat ini masih memiliki potensi lahan untuk cetak sawah seluas 1.600 hektar. (mitha)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here