Kapolda Pastikan, OTK yang Tewas di Tangkura Poso Adalah Sobron

0
337
Kapolda Sulteng Brigjen Pol Rudy Sufahriadi menunjukkan foto Sobron alias Aji Pandu Sutomo yangtewas dalam konak senjata dengan Satgas Tinmbala di Desa Tangkura Poso, Senin (19/9/2016). (Foto: Odi)
Kapolda Sulteng Brigjen Pol Rudy Sufahriadi menunjukkan foto Sobron alias Aji Pandu Sutomo yangtewas dalam konak senjata dengan Satgas Tinmbala di Desa Tangkura Poso, Senin (19/9/2016). (Foto: Odi)

PALU, beritapalu.NET | Kapolda Sulteng Brigjen Pol Rudy Sufahriadi memastikan, orang tak dikenal (OTK) yang tewas dalam kontak senjata di Desa Tangkura, Poso Pesisir Selatan pada Senin (19/9/2016) adalah Sobron alias Aji Pandu Sutomo, asal Jawa Tengah.

Kepastian itu disampaikan Kapolda usai shalat Ashar di Masjid Mapolda Sulteng, Senin (19/9/2016). Kapolda menyebutkan, dari ciri-ciri fisik yang terkihat jelas di jenazah, maka dipastikan itu adalah Sobron.

Sobron alias Aji Pandu Sutomo adalah salah seorang anggota kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT) yang juga masuk dalam DPO. Sobron sempat terlihat ketika Basri alias Bagong dan isterinya Nurmi Usman alias Oma akan ditangkap. Namun Sobron berhasil lolos dan melarikan diri masuk ke hutan.

Sobron tewas setelah terkena tembakan peluru Satgas Tinombala di sebuah perkebunan di Desa Tangkura, Senin pagi. Awalnya, tim Satgas melakukan patroli dan melihat Sobron di perkebunan tersebut.

Aparat kemudian mengeluarkan peringatan dan meminta Sobron mengangkat kedua tangannya. Namun Sobron malah berusaha menggapai bom lontong di badannya. Saat itulah, aparat melepaskan tembakannya dan mengenai kepala Sobron. Sobron tewas di tempat.

Dari Sobron diamankan sejumlah barang bukti antara lain 4 buah bom lontong, 1 buah korek api, 5 buah detonator, gunting dan sejumlah barang bukti lainnya.

Jenazah Sobron kini sudah berada di Rumah Sakit Bhayangkara Palu untuk menjalani indetifikasi.

Sementara itu, dengan tewasnya Soboron, maka hingga saat ini jumlah DPO yang masih dalam perburuan tersisa 11 orang. (wan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here