Ratusan Senjata Tradisional Dipamerkan di Museum Sulteng

0
364

PALU, beritapalu.NET | Ratusan senjata tradisional khas daerah Sulawesi dipamerkan di Museum Daerah Sulawesi Tengah, Senin (19/9/2016). Pameran yang berlangsung 19 hingga 23 September itu diikuti oleh seluruh museum daerah se Sulawesi dan dibuka Wagub Sulteng Sudarto.

Pameran bertema menemukenali karakter dan jati diri dengan senjata tradisional itu menampilkan aneka senjata tradisional yang dipakai di zaman dahulu oleh orang-orang tua. Sulawesi Tengah misalnya menampilkan senjata tradisional Guma atau pedang. Ada pula sumpit lengkap dengan anak sumpitnya dari berbagai daerah kabuaten di Sulteng.

Dari Makassar, Sulawesi Selatan, sejumlah badik dan keris yang merupakan koleksi Museum Lagaligo di Makassar juga ditampilkan dalam pameran tersebut.

Begitu pula senjata tradisonal khas dari provinsi lainnya seperti Sulut, Sulbar, Sutra, dan Gorontalo, semua mengambil bagian menampilkan khas daerahnya.

Tak hanya pelajar yang takjub dengan aneka senjata tradisional yang sakti di masanya itu, sejumlah pengunjung yang terdiri dari para orang tua tampak saksama mengamati setiap detil dari senjata tersebut.

Pengunjung diminta untuk tidak menyentuh barang-barang tersebut karena dikhawatirkan rusak. Menurut panitia, beberapa dari benda tersebut adalah pusaka dan beberapa lagi adalah titipan dari orang-orang tertentu yang tidak bisa merawat barangnya.

Pameran senjata tradisional yang menghadirkan seluruh senjata tradisional se Sulawesi adalah pertama kalinya digelar. Diharapkan, dengan pameran itu terjadi transformasi pengetahuan tentang sejarah dan latar belakang serta budaya dari setiap daerah dilihat dari segi senjata yang digunakannya. (afd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here