Andika Putra yang bermaksud bergabung dengan kelompok MIT setelah diamankan tim Satgas Tinombala, Minggu (18/9/2016). (Foto: Mitha)

POSO, beritapalu.NET | Seorang pria tak dikenal diamankan di Dusun Tamanjeka, Desa Masani, Poso Pesisir, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah karena bermaksud bergabung dengan kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT) yang sedang diburu Satgas Operasi Tinombala, Minggu (18/9/2016).

Pria yang berusia sekitar 21 tahun dan kemudian diidentifikasi bernama Andika Putra asal Bukit Tinggi padang, Sumatera Barat itu diamankan Satgas Operasi Tinombala setelah mendapat laporan dari warga tentang adanya orang tak dikenal (OTK) yang sedang berjalan kaki menuju Gunung Biru Tamanjeka.

Informasi yang berhasil dihimpun, OTK tersebut  terlihat sedang berjalan sekitar pukul 09.00 Wita. Seorang warga yang bertemu dengan OTK itu mengajaknya beristirahat di pondoknya yanga da di dusun tersebut. Perbincangan itu intinya menyebutkan bahwa OTK tersebut bermaksud ke hutan untuk bergabung dengan kelompok MIT.

Saat terjadi perbincangan di pondok itu, warga tersebut menghubungi Babinsa yang kebetulan sedang berkebun pula di Gunung Biru. Laporan yang diterima Babinsa itu kemudian diteruskan ke Pos Sekat dan langsung berkoordinasi dengan anggota satgas imbangan BIN serta tim Sanda untuk melakukan penjemputan.

Setelah dijemput, Andika Putra kemudian diinterogasi oleh petugas. Hasil interogasi itu menyebutkan, ia mengaku baru tiba di Poso pada Sabtu (17/9/2016) malam dan diantar oleh seseorang yang tidak dikenalinya namun mengaku sebagai mantan anggota kelompok MIT.

Andika disebutkan bermalam di Lawanga, dan pada Minggu pagi disuruh naik mobil truk  dan diantar hingga ke pertigaan Ratulene. Truk itu menurutnya mengarah ke Desa Tangkura. Setelah turun dari truk, Andika lalu berjalan kaki sampai di Desa Lape ke pertigaan jalan naik menuju kampung Tamanjeka.

Di Tamanjeka, ia lalu menumpang lagi ke seorang warga yang kebetulan hendak naik ke kampung Tamanjeka untuk menemui keluarganya. Dari Tamanjeka itu, Andika berjalan kaki untuk naik ke gunung biru dan akhirnya bertemu dengan seorang warga yang menghubungi aparat keamanan.

Andika disebutkan membawa tas ransel yang berisi 11 lembar baju.

Hingga berita ini diturunkan, belum diperoleh konfirmasi dari pihak Satgas Operasi Tinombala terkait dengan pengamana pria yang bermaksud bergabung dengan kelompok MIT tersebut. (wan/*)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *