BNN Kunjungi Rumah Rehabilitasi Narkoba YMH Makassar

0
126
Suasana kunjungan dlegasi BNN di Rumah Rehabilitasi Narkoba Yayasan Mitra Husada Makassar, Kamis (15/9/2016). (Foto: Alim)
Suasana kunjungan dlegasi BNN di Rumah Rehabilitasi Narkoba Yayasan Mitra Husada Makassar, Kamis (15/9/2016). (Foto: Alim)

MAKASSAR, beritapalu.NET | Badan Narkotika Nasional (BNN) Pusat Direktorat Penguatan Lembaga Rehabilitasi Komponen Masyarakat (PLRKM) melakukan kunjungan ke Rumah Rehabilitasi Narkoba Yayasan Mitra Husada (YMH), Kamis (15/9/2016).

Tiga orang tim BNN itu masing-masing Frieda Arwan T, Elly Elmira dan Hasdira Suardi. Mereka didampingi oleh BNNP Sulawesi Selatan, Asmawati, SKM.

Kunjungan ini dilaksanakan di perumahan Bumi Permata Sudiang Blok I1 Nomor 8 yang dijadikan sebagai rumah rehabilitasi narkoba berbasis masyarakat oleh Yayasan Mitra Husada (YMH)

“Kedatangan PLKRM BNNPusat di Rumah Rehabilitasi Narkoba dalam rangka pengembangan kapasitas,” terang Ketua Yayasan Mitra Husada (YMH) Zainuddin, SKM . M. Kes

Kedatanagan Direktorat Penguatan Lembaga Rehabilitasi Komponen Masyarakat (PLKRM) BNN Pusat di Rumah Rehabiliatasi Narkoba Yayasan Mitra Husada (YMH) dalam rangka pengembangan kapasitas lembaga Yayasan Mitra Husada serta mendorong percepatan pelaksanaan proses rehabilitasi pecandu Narkoba.

“Hasil pertemuan ini Yayasan Mitra Husada (YMH) akan diikutkan dalam berbagai pelatihan yang akan dilaksanakan oleh BNN Pusat” Ungkap Zainuddin yang juga merupakan Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Pejuang R.I Makassar

Hasil dari pertemuan BNN Pusat dengan Pelaksana Program Rumah Rehabilitasi Narkoba diutus Muh. Azwar, SKM, M. Kes selaku sebagai program manager dalam program rumah rehabilitasi narkoba tentang Terapi Community. Ketua yayasan sendiri akan diikutkan dalam pelatihan asseor yang akan dilaksanakan BNN Pusat. Rencana pelatihan akan dilaksanaka pada tanggal 3-8 Oktober di Kota Makassar.

Secara terpisah direktur Yayasan Mitra Husada (YMH) Dr. Arlin Adam, SKM, M. Si menyatakan, pengelola rumah rehab YMH sekarang ini terus mengembangkan jejaring layanan untuk memudahkan klien dalam pemenuhan kebutuhannya. Jaringan kelembagaan yang sudah dibentuk dan dibina adalah Dinas Sosial, Disnakertrans, PT. Semen Tonasa, Rumah Sakit, Puskesmas, FPASKPN, Perguruan Tinggi, Biro Bina Napza, dan beberapa Organisasi Sosial di tingkat kab/kota”.

“Pendekatan rehab yang digunakan adalah Terapi Komunitas dengan modifikasi penerapan pembelajaran andragogik untuk pembentukan wawasan yang utuh terhadap epidemi. Modifikasi ini mnjadi ciri khas layanan yang membedakannya dengan layanan rehab lainnya”. Demikian ungkapan Direktur YMH yang juga merupakan TIM Pakar Biro Bina Napza Sulawesi Selatan Ini. (Alim/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here