Pembenahan Infrastruktur Desa Harus Dikawal

0
173
Salah satu ruas jalan di Donggala yang rusak. (Foto: beritapalu.NET)
Salah satu ruas jalan di Donggala yang rusak. (Foto: beritapalu.NET)

PALU, beritapalu.NET | Jalan keluar bagi peningkatan usaha tani dan percepatan pertumbuhan pada tingkat desa adalah perbaikan infrastruktur vital. Karenanya, pembenahan infrastruktur desa harus dikawal.

Demikian ditegaskan Ketua Fraksi Partai Nasdem DPRD Provinsi Sulawesi Tengah Muh. Masykur dalam rilisnya terkait dengan pelaksanaan sejumlah pembenahan infrastruktur yangs edang berjalan di Kabupaten Donggala dan Sigi.

“Modernisasi perdesaan tidak cukup dengan mekanisasi alat pertanian, akses  dan pasar adalah bagian yang seharusnya terintegrasi,” sebut Masykur.

Politisi muda yang akrab dipanggil Bung Theo ini menyatakan, kebijakan pembangunan perdesaan yang basis demografinya adalah petani harus melihat beberapa komponen utama  sebagai syarat membangun pertanian moderen misalnya maksimalisasi lahan, infrastruktur, mekanisasi pertanian, dan pasar produk pertanian.

Dalam catatannya,  beberapa proyek perbaikan infrastruktur perdesaan yang sudah jalan diantaranya, jalan kantong produksi di Desa Lembangtongoa, Jalan Desa di Kamarora B, Kabupaten Sigi dan  Jalan Kantong Produksi Desa Bale Kabupaten Donggala.

Sedangkan pada daerah pesisir seperti  perbaikan tanggul penahan ombak di Desa Tanjung Padang Kec. Sirenja Kab donggala. Sementara infrastruktur besar adalah Perbaikan Irigasi di Desa Pombewe. Rencananya tahun ini beberapa irigasi desa di Kec. Kulawi, Kab. Sigi, serta di Kec. Tanantovea, Sirenja dan Dampelas Kab. Donggala juga dikerjakan. (afd/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here