Kapolres: Kuantitas dan Kualitas Tindak Kriminal Di Palu Menurun

0
206
Kapolres Palu AKBP Basya Radyananda saat ekspose kasus 3C di Mapolres Palu, Selasa (6/9/12016).. (Foto: bmzIAMGES/Basri Marzuki)
Kapolres Palu AKBP Basya Radyananda saat ekspose kasus 3C di Mapolres Palu, Selasa (6/9/12016).. (Foto: bmzIAMGES/Basri Marzuki)

PALU, beritapalu.NET | Kepolisian Resort Palu mencatat, kuantitas dan kualitas tindak kriminal di Palu  dalam beberapa waktu terakhir ini mengalami penurunan. Jumlahnya tidak sebanyak periode sebelumnya, begitu pula jumlah korbannya semakin menurun dibanding sebelumnya.

“Itu artinya bahwa usaha-usaha kita untuk memeriangi tindak kejahatan itu mulai membuahkan hasil,” ujar Kapolres Palu AKBP Basya Radyananda SIK MH kepada wartawan saat gelar kasus kejahatan curanmonr, curat dan curas di Mapolres, Selasa (6/9/2016).

Kapolres mengungkapkan, jika beberapa waktu sebelumnya jumlah tindak kejahatan bisa mencapai ratusan dalam sebulan, kali ini menurun hingga puluhan saja. Demikian pula dengan korban yang sebelumnya mengakibatkan meninggal dunia atau luka serius dan berat, saat ini tidak sampai seperti itu.

Penurunan tindak kriminal signifikan itu seperti itu menurut Kapolres Basya tidak lepas dari usaha seluruh jajarannya dalam mengimplementasikan tindakan pre-emtif, preventif dan penindakan.

“DI Polres Palu ada 145 Bhabinkamtibmas yang ditemaptkan di 45 kelurahan. Setiap hari saya mewajibkan agar setiap personel Bhabinkamtibmas itu mengunjungi minimal 10 rumah warga. Jadi setiap hari sedikitnya 1450 rumah warga didatangi untuk diberi pesan-pesan kamtibmas,” jelas Basya.

Belum lagi katanya dengan masuk ke sekolah-sekolah, mengunjungi kelompok-kelompok masyarakat, tukang ojek, hingga kampanye kamtibmas di jalan-jalan. “Dari sisi penindakan hukum, kita terapkan perintah tembak di tempat,” imbuhnya.

Ia berharap, trend penurunan itu terus berlanjut agar suasana yang kondusif dan aman benar-benar dapat tercipta sehingga seluruh warga dapat melaksanakan aktivitasnya dengan lancar dan tidak dihantui perasaan was-was. (afd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here