Ilustrasi penangkapan pengedar narkoba di Palu, Sulawesi Tengahbeberapa waktu lalu. (Foto: bmzIMAGES/Basri Marzuki/16)

PALU, beritapalu.NET | Selama kurun waktu Januari hingga Austus 2016, jajaran Satuan Reserse Narkoba Polres Palu berhasil mengungkap sedikitnya 40 kasus dan menangkap 61 tersangka. Jumlah tersebut meningkat dibanding periode yang sama tahun lalu.

Selama 2014 lalu, jumlah kasus yang terkait dengan psikotropika dan obat-obat terlarang yang berhasil diungkap sebanyak 44 kasus, sedangkan di tahun 2015 meningkat 1 kasus menjadi 45 kasus.

“Saat ini dalam waktu 8 bulan saja, sudah hampir mendekati jumlah pengungkapan kasus di tahun lalu. Ini menjadi bukti keseirusan kami untk memberantas penyalahgunaan narkoba di wilayah hukum Polres Palu,” ujar Kapolres Palu AKBP Basya Radyananda SIK MH, Kamis (25/8/2016).

Kapolres merinci, dari 40 kasus yang berhasil diungkap selama 2016 tersebut, 4 kasus dalam tahap penyidikan, 4 kasus dalam tahap I dan 32 kasus P21. “Dan telah dilakukan penangkapan terhadap 61 orang pelaku penyalahgunaan Narkotika dimana diantaranya 6 orang perempuan dan 55 orang laki-laki,” rinci Kapolres.

Menurutnya, keberhasilan tersebut merupakan hasil kerja keras anggota Kepolisian Resor Palu dalam melakukan pemberantasan terhadap penyalahgunaan Narkotika. Kapolres mengaku, pihaknya akan terus berupaya melakukan upaya pemberantasan narkotika baik lewat upaya represif berupa penegakan hukum maupun upaya preventif yaitu lewat penyuluhan terkait bahaya narkoba.

Ia berharap penegakan hukum itu dapat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pemberantasan Narkoba di Indonesia. Kepolisian juga berharap partisipasi masyarakat dalam memberantasannya dengan tidak terlibat dan ikut terjerumus di dalamnya. (afd/*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *