Tari Tike Totoko Asal Sigi Harumkan Sulteng di Parade Tari Nusantara 2016

0
197

 

Sabet Enam Penghargaan Sekaligus

Inilah para penari Tike Totoko asal Kabupaten Sigi yangmeraih enam penghargaan sekaligus pada Parade Tari Nusantara ke-35 di TMII, Jakarta. (foto: yaniadinata/facebook.com)
Inilah para penari Tike Totoko asal Kabupaten Sigi yang meraih enam penghargaan sekaligus pada Parade Tari Nusantara ke-35 di TMII, Jakarta. (foto: yaniadinata/facebook.com)

PALU, beritapalu.NET | Tari kontemporer berjudul Tike Totoko yang dimainkan oleh para penari asal Kabupaten Sigi mengharumkan nama Provinsi Sulawesi Tengah di ajang nasional Parade Tari Nusantara ke-35 yang digelar di Taman Mini Nasional Indonesia Indah (TMII) 19-20 Agustus 2016 lalu.

Kontingan Sulawesi Tengah yang diwakili oleh Kabupaten Sigi berhsail “menghipnotis” dewan juri. Usai mempertunjukkan tari tersebut, sedikitnya ada enam penghargaan yang berhasil disabetnya, di antaranya Paranama Natya Exotica Sulawesi, penyaji terbaik, busana dan tata rias terbaik, tari terbaik, music terbaik dan penata music terbaik.

Penghargaan itu hanya selisih satu penghargaan dengan provinsi Bali yang meraih 7 penghargaan dan menyabet gelar juara umum pada event pertunjukan tari tingkat nasional yang digelar setiap tahun itu.

“Bangga pastinya,” itulah yang diugkapkan Kepala Taman Budaya Sulteng Enong Nawi. Bagaimana tidak kata Enong dalam keterangan persnya, prestasi tersebut adalah terbaik sejak Sulteng mengikuti Parade Tari Nusantara tersebut.

“Kita hampir saja memboyong piala bergilir itu ke Palu,” kata Enong.

Enong mengungkapkan, hampir setiap tahun Sulteng mengikuti Parade Tari Nusantara tersebut. Namun kali ini lebih special antara lain karena banyaknya penghargaan yang diterima. Lebih heboh lagi karena Kabupaten Sigi yang baru pertama kali mewakili Sulteng langsung mendapatkan banyak penghargaan itu.

Ia berharap agar prestasi itu bisa dipertahankan dan bahkan ditingkatkan. Kalau kali ini hanya bisa mendapatkan predikat sebagai runner up, maka tahun berikutnya targetnya harus ditingkatkan, yakni membawa piala bergilir itu pulang ke Sualwesi Tengah.

Sekadar diektahui, tim tari Sulawesi Tengah diwakili oleh Kabupaten Sigi. Kabupaten Sigi berhak menjadi wakil Sulteng karena memenangi seleksi Parade Tari Nusantara  tingkat provinsi sebelumnya yang diikuti oleh seluruh tim tari dari kabupaten lainnya di Sulteng.

Tari Tike Totoko bersumber dari legenda di tanah Sigi yang berkisah tentang anak perempuan kesayangan yang justru ditindas oleh saudara kandungnya sendiri. Karena penderitaan akibat intimidasi yang terus dialaminya, akhirnya perempuan itu memilih menjadi burung.  (afd/*)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here