Bulat, Senin (29 Agustus) Aparat Akan Tertibkan Dongi-Dongi

0
175

Polda Sulteng Keluarkan Maklumat Agar Penambang Emas Liar Segera Keluar

PALU, beritapalu.NET | Kepolisian Daerah Sualwesi Tengah mengeluarkan maklumat yang berisi imbauan agar para penambang emas liar yang kini kembali beraktivitas di kawasan Dongi-Dongi, Kabupaten Poso segera meninggalkan lokasi tersebut.

Jika melewati batas waktu yang sudah ditentukan, aparat keamanan terpaksa melakukan upaya hukum, yakni menindaknya tegas. Penindakan itu akan dilakukan pada Senin (29/8/2016) mendatang.

Maklumat yang diteken basah langsung oleh Kapolda Sulteng Brigjen Pol. Rudy Sufahriadi itu menyebutkan, langkah penindakan itu sesuai dengan UU Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup yang harus dipatuhi oleh setiap warga negara.

Rudy menegaskan, akan menidak tegas warga yang beraktifitas di area itu. Ditegaskan, pihaknya tidak akan pandang bulu, siapapun yang melakukan aktivitas penambangan emas liar di area itu akan ditindak. Dan jika tidak diindahkan, maka aparat akan melakukan dengan upaya paksa.

Terhadap warga yang kesulitan meninggalkan lokasi tersebut, ia mengatakan akan ada pihak terkait yang akan memfasilitasi atau mengevakuasi.

Sebelumnya, langkah penertiban kawasan yangmasuk areal Taman Nasional Lore Lindu (TNLL) itu telah ditertibkan, tepatnya 29 maret 2016 lalu. Penertiban saat itu sempat diwarnai insiden bentrok antara aparat dengan para penambang emas liar.

Penertiban kedua kalinya akan dilakukan kembali menyusul ramainya kembali penambangan emas liar di kasawan itu. Aktivitas penambangan kembali berlangsung karena tidak ada lagi aparat yang berjaga pasacapenertiban. (afd)

Berikut Maklumat yang dikelaurkan Podla Sulteng tersebut.

Maklumat Polda Sulteng
Maklumat Polda Sulteng

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here