Sejumlah Polisi dari Bidang Humas mengikuti simulasi dalam pelatihan kehumasan di Palu, Sulawesi Tengah, Rabu (24/8). Pelatihan yang diikuti puluhan polisi dari seluruh Polres se-Sulawesi Tengah itu bertujuan untuk meningkatkan keterampilan personel dalam mengelola seluruh aspek kehumasan termasuk yang berkaitan dengan teknologi informasi. ANTARA FOTO/Basri Marzuki/kye/16

PALU, beritapalu.NET | Puluhan personel Polisi dari seluruh Polres se Sulawesi Tengah mengikuti pelatihan kehumasan di Palu, Rabu (24/8/2016).

Kabid Humas Polda Sulteng, AKBP Hari Suprapto mengatakan, pelatihan itu sengaja digelar untuk meningkatkan kapasitas para staf Humas, baik yang adi di Polda Sulteng, maupun di Polres-Polres di wilayah Kerja Polda Sulteng.

“Tantangan kehumasan saat ini semakin tinggi, baik dari segi teknologi maupun keterampilan personel pengelolanya. Karena itu, agar kepolisian tidak tertinggal dalam perkembangan itu, maka harus dilakukan penyegaran keterampilan, atau dengan kata lain harus dilakukan update keterampilan,” ujar Hari di sela-sela pelatihan tersebut.

Hari mengungkapkan, keberhasilan pelaksanaan program kepolisian banyak ditentukan sejauhmana staf humas bekerja. Karena itu, pelatihan itu diharapkan menjadii ujung tombak untuk menyampaikan kepada stakeholder secara tepat.

Menurut Hari, dinamika informasi begitu pesat. Setiap personel harus dapat mengimbangi itu dengan meng-upgrade kemampuannya. “Kita di Polda Sulteng punya tribrata news. Kita juga punya website sebagai sarana penyampaian berita keluar. Kita ingin seluruh jajaran Polda Sulteng termasuk Polres-Polres dapat memanfaatkan ini, tentu dengan penyajian yang lebih baik,” imbuh Hari lagi.

Dalam pelatihan itu, para peserta yang terdiri dari staf humas utusan Polres se Sulteng ini diberi materi tentang penulisan berita, bagaimana meramu fakta menjadi sebuah berita yang layak ditayangkan, bagaimana foto lebih berbicara dan bagaimana misi penyampaian informasi ke luar itu dapat terlaksana dengan baik.

Lebih dari itu, secara teknis para peserta juga diberi pemahaman tentang teknis menyajikan berita dalam website Polda Sulteng, mulai dari cara memasukkan berita, foto hingga menayangkan melalui website resmi Polda Sulteng di http://www.poldasulteng.com.

Untuk memicu semangat para staf humas ini, Polda Sulteng juga telah memberikan reward bagi setiap personel polisi yang aktif membuat berita dan mempostingnya dalam web tersebut. “Ada bebera orang ysudah kami beri penghargaan. Kita berharap, reward itu dapat menjadi motivasi untuk lebih giat lagi mengabarkannya di website kami,” harap Hari. (afd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *