KGHPT Sulteng Konsisten Laksanakan Event Panjat Tebing Lokal

0
271
Sejumlah atlet berlomba memanjat tebing pada Bouldering Local Championship Class (BLCC) seri ke-II di Nunu, Palu, belum lama ini. (Foto: Hajalia Somba)
Sejumlah atlet berlomba memanjat tebing pada Bouldering Local Championship Class (BLCC) seri ke-II di Nunu, Palu, belum lama ini. (Foto: Hajalia Somba)

PALU, beritapalu.NET | Meskipun banyak keterbatasan yang dimiliki, Komunitas Gunung Hutan Panjat Tebing Sulawesi Tengah (KGHPT-ST) tetap konsisten menggelar event panjat tebing, terutama yang berskala lokal.

Ketua KGHPT-ST Enjang Budianto mengatakan, di 2016 ini, setidaknya sudah digelar dua event lomba. Lomba yang baru-baru ini dilaksanakan adalah Bouldering Local Championship Class (BLCC) seri ke-II yang dilaksanakan selama 4 hari yakni pada 19-22 agustus 2016 di Tanggul Nosarara Kelurahan Nunu Kecamatan Palu Barat.

Selain untuk menyosialisasikan olah raga tersebut, lomba tersebut juga untuk mencari bibit-bibit atlet berbakat untuk dibina dan dilatih untuk bisa menjadi duta panjat tebing daerah ke kancah regional, nasional bahkan internasional.

“Kegiatan atau even seperti ini akan terus kami laksanakan meskipun dengan berbagai keterbatasan yang ada. Tujuannya agar adik-adik para atlit yang berasal dari 13 Kabupaten/Kota di Sulawesi Tengah terus semangat berlatih, karena jika ada event-even seperti ini dapat menjadi salasatu pemicu semangat mereka,” ujar Enjang.

Pada September 2016 mendatang akan digelar Pekan Olahraga Nasional (PON) dan untuk cabang Panjat Tebing, Sulawesi Tengah akan mengirimkan 2 orang atlitnya yakni Abd. Rahman dan Lusi. Ini adalah pertama kali bagi SUlteng mengirimkan atletnya di cabang olahraga ini.

“Dan kita berharap kedepannya Provinsi Sualwesi Tengah dapat merebut quota lebih banyak lagi dan dapat mengirimkan atlit-atlit Panjat Tebing lebih banyak pula tentunya, untuk itulah jelas sangat dibutuhkan event-event seperti ini,” imbuh Enjang lagi.

Sejumlah atlet berlomba memanjat tebing pada Bouldering Local Championship Class (BLCC) seri ke-II di Nunu, Palu, belum lama ini. (Foto: Hajalia Somba)
Sejumlah atlet panjat tebing pada Bouldering Local Championship Class (BLCC) seri ke-II di Nunu, Palu, belum lama ini. (Foto: Hajalia Somba)

Hal ini juga diamini Ahmad Albar, sala seorang atlit Panjat Tebing Sulteng yang sering mengikuti kompetisi baik Lokal maupun Nasional. Ia mengatakan, sebenarnya ada banyak anak muda di daerah ini yang punya potensi dan kemampuan yang dapat dibina menjadi atlit profesional.

“Kami berharap kiranya Pemerintah Daerah Sulawesi Tengah dapat memberikan perhatian atas cabang olahraga ini khususnya terkait dengan fasilitasi latihan dan kami juga berharap ke depan ada event-event semacam open turnamen yang mungkin bisa dilaksanakan di di daerah ini dengan mengundang atlit dari luar daerah dan sebaliknya. Hal ini jelas menjadi motivasi bagi para atlit dan selalu berjuang untuk mengharumkan nama daerah tercinta,” harap Aphet sapaan akrab Ahmad Albar.

Sementara itu, dalam Boulder Local Championship Class Seri ke-II yang dilaksanakan KGHPT Sulteng memperebutkan piala tetap, piagam dan bonus dan diikuti 80 orang peserta dari Kota Palu, Kab. Sigi, Kab. Banggai, kab. Donggala dengan memperlomabakan katagori Spider Kid (usia 10-13 tahun), Umur Putra (Usia 14-17 Tahun) Umur Putri (14-19 Tahun), kategori Umum putra dan Putri.

KGHPT-ST merupakan wadah yang dibentuk para anggota pecinta alam sekaligus kaum muda baik atlit maupun pecinta atau pemerhati Cabang Olahraga Panjat Tebing yang ada di Provinsi Sulawesi Tengah.

Atas dasar kecintaan dan kepedulian terhadap kelestarian lingkungan baik hutan dan gunung dimana mereka biasa menguji kemampuan dan berpetualang di alam bebas, selain itu keanggotaan komunitas ini terdiri dari mereka yang memang sudah menjadi atlit-atlit di cabang olahraga Panjat Tebing yang ada di wilayah Provinsi Sulawesi Tengah.

Meskipun keanggotaan Komunitas ini memiliki latarbelakang organisasi pecinta alam yang berbeda-beda baik dari Kelompok Pecinta Alam (KPA), Siswa Pecinta Alam (Sispala), Mahasiswa Pecinta Alam (Mappala),  ataupun penggiat Lingkungan Hidup dapat berhimpun dalam satu Komunitas ini, dengan dasar solidaritas kebersamaan yang selama ini selalu terbangun dan terjaga tentunya.  (afd/*)

Berikut Hasil pertandingan Boulder Local Championship Class Seri ke- II Tahun 2016

KATEGORI PERINGKAT UTUSAN
Spider Kid Usia 10-13 Tahun 1.   Imam Agus Faisal KPA. PALADO Kab. Sigi
2.   Moh. Riski SMP Tarunadipa Palu
3.   Moh. Rofik KPA. Nabaraka
Umur Putri Usia 14-19 Tahun 1.   Silvia Detri Elvira Pidu ACC
2.   Cici Sulastri Paraclimber
3.   Devi PASNEPAL SMK Neg 2 Palu
Umur Putra 14-17 Tahun 1.   Yayan FPTI Kab. Donggala
  2.   Nanda FPTI Kab. Donggala
3.   Alan FPTI Kab. Donggala
Umum Putri 1.   Wenda Safitri, SE Mapala Galara Untad Palu
2.   Silvia Detri Elfira Pidu ACC
3.   Nur Laela, S.Pd KGHPT-ST
Umum Putra 1.   Faisal KPA. PALADO Kab.Sigi
2.   Deny Rahardian FPTI Kab. Banggai
3.   Fernando Kekung FPTI Kab. Banggai

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here