Ratusan Kasus Kajahatan Selama Juni-Agustus 2016 Diungkap Polres Palu

0
142
Kapolres Palu AKBP Basya Radyananda SIK MH pada gelar kasus di Mapolres Palu, Senin (22/8/2016). (Foto: Humas Polres Palu)
Kapolres Palu AKBP Basya Radyananda SIK MH pada gelar kasus di Mapolres Palu, Senin (22/8/2016). (Foto: Humas Polres Palu)

PALU, beritapalu.NET | Makin dinamis suatu kota, cenderung tingkat kriminalitasnya juga kian dinamis. Nyatanya, dalam rentang waktu dua bulan saja, yakni Juni hingga Agustus, ratusan kasus kejahatan diungkap jajaran Polres palu.

Kapolres Palu AKBP Basya Radyananda SIK MH saat gelar kasus itu di Mapolres Palu menyatakan, masalah kriminalitas sudah menjadi tanggungjawabnya. Namun untuk efektifnya penanganannya, maka mutlak membutuhkan partisipasi masyarakat.

Kapolres mengungkapkan, berdasarkan catatan dijajarannya, selama periode etrsebut sedikitnya 147 kasus yang berhasil diungkap. Kasus-kasus tersebut  mencaku pencurian dengan kekerasan (Curas), pencurian kendaraan bermotor (curanmor) dan kasus pencurian dengan pemebratan (Curat).

Dari kasus-kasus tersebut, yang dominan kata Kapolres adalah Curanmor yang jumalh kasusnya mencapai 120 kasus. Sedangkan dua kasus lainnya seperti curas mencakup 25 kasus dan Curat 2 kasus.

Untuk Curanmor, pengungkapannya terbilang tinggi. Itu tidak lepas dari perintah tembak bagi pelaku yang dikeluarkan sejak beberapa waktu lalu. “Perintah itu masih berlaku samapai sekarang,” tandas Kapolres Basya.

Dari ratusan kasus tersebut, pelakunya ternyata hanya 38 orang. Jadi bisa dipastikan bahwa pelaku dari tiga jenis kejahatan itu adalah itu-itu juga. “Beberapa di anatara mereka adalah penjahat kambuhan, atau residivis,” sebutnya.

Karenanya menurutnya, pelaku memangharus dihukum secara berat. Karena jika tidak, mereka akan berbuat lagi setelah menjalani hukumna tersebut. (afd/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here