Peserta PPL IAIN Diharap Bisa Maksimalkan Pendidikan Karakter

Rektor IAIN Palu Prof. Zainal Abidin (tengah) pada pembekalan peserta Praktik Pengalaman Lapangan IAIN Palu, Kamis (18/8/2016). (Foto: Amad)
Rektor IAIN Palu Prof. Zainal Abidin (kedua dari kiri) pada pembekalan peserta Praktik Pengalaman Lapangan IAIN Palu, Kamis (18/8/2016). (Foto: Amad)

PALU, beritapalu.NET | Sedikitnya 266 mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, Sulawesi Tengah  akan melakukan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) di sejumlah sekolah di Palu. Mereka diharapkan dapat berperan dalam membantu pemerintah maksimalkan pendidikan karakter.

Dekan Fakultas Tarbiyah IAIN Palu, Dr. Yusra menyebut, peserta difokuskan untuk menuangkan dan menerapkan metode pembelajaran karakter untuk menjawab salah satu problem dalam pembinaan karakter siswa-siswi di sekolah-sekolah.

“Mereka kami tekankan untuk membantu para guru yang ada di sekolah-sekolah utamanya madrasyah – madrasyah di Kota Palu dalam pembinaan mental karakter,” ungkap Yusra.

Kata Yusra peserta PPL yang terdiri dari berbagai jurusan pada fakultas itu, wajib untuk mengedepankan nilai-nilai etika dalam pembelajaran sesuai dengan anjuran agama.

Hal itu merupakan bagian dari mewujudkan peran IAIN Palu di masyarakat lewat instrumen pendidikan dalam pembangunan manusia yang memiliki mental yang baik.

“IAIN Palu sebagai perguruan tinggi milik pemerintah memiliki kewajiban untuk membantu pemerintah dalam pembangunan manusia, olehnya IAIN menurunkan mahasiswa untuk membantu para tenaga pengajar di sekolah dalam merealisasikan generasi muda yang berdaya saing, berkapasitas tanpa mengesampingkan nilai-nilai keagamaan,” ujarnya.

Terkait hal itu Ketua Panitia PPL Fakultas Tarbiyah IAIN Palu, Arifuddin M. Arif, menguraikan 266 peserta tersebut akan di tempatkan pada 17 madrasyah di Kota Palu.

13 Madrasyah, sebut dia, merupakan tingkat tsanawiyah dan 4 madrasyah aliyah yang akan dijalani sampai tanggal 22 Oktober 2016.

“Mereka kurang lebih dua bulan di sekolah dalam menjalani pengamalan lapangan, terhitung sejak tanggal 20 Agustus – 22 Oktober,” urainya.

Peserta, lanjut dia, dibekali atau menjalani pemantapan materi PPL sebelum turun ke lapangan selama dua hari mulai Kamis 18 – Jumat 19/8. (mad/*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Jenazah WNA Anggota Santoso Dimakamkan di TPU Poboya

Fri Aug 19 , 2016
PALU, beritapalu.NET | Jenazah Ibrohim, DPO anggota Kelompok Santoso yang ditembak mati oleh Satgas Tinombala di pegunungan Padopi, Dusun Maros, Desa Kilo, Poso Pesisir Utara, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah di makamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Poboya Palu, Jumat (19/8/2016). Jenazah tiba di TPU Poboya sekitar pukul 11.00 Wita menggunakan […]

lsdmlsd sdklmglsdg sdglddmgl msbbm;dsmb dlmb;dflmb zdfmbdzlfmb