Published On: Tue, Aug 16th, 2016

Puluhan Lansia Beraksi dalam Panggung Lansia Merdeka

Lansia meneriakkan yel-yel merdeka pada Panggung Lansia Merdeka di Palu grand Mall, Senin (15/8/2016). (Foto: bmzIMAGES/Basri Marzuki)

Lansia meneriakkan yel-yel merdeka pada Panggung Lansia Merdeka di Palu grand Mall, Senin (15/8/2016). (Foto: bmzIMAGES/Basri Marzuki)

PALU, beritapalu.NET | Puluhan orang lanjut usia (lansia) unjuk kemampuan dalam acara yang dikemas dengan nama Panggung Lansia Merdeka di Palu Grand Mall, Senin (15/8/2016).

Acara yang digelar oleh Komite Nesional Pemuda Indoneisa (KNPI) Kota Palu bekerjasama dengan Solidaritas Korban Pelanggaran (SKP) HAM Sulteng juga dihadiri wakil bupati Sigi, Paulina dan sejumlah pemerhati perempuan dan lansia di Palu.

Di antara lansia yang hadir itu seperti warga lansia binaan Yayasan Panti Jompo Alkautsar, para veteran, pensiunan dan juga para mantan tahanan politik era 1965/1966.

Mereka larut dalam suasana yang bebas dan merdeka sembari bernostalgia atas pencapaian karya-karya di masa silam.

“Ini adalah salah satu bentuk apresiasi terhadap para lansia atas karya-karya mereka yang telah dipersembahkan untuk mengisi kemerdekaan,” ujar Ketua KNPI Kota Palu, Fitri Kennedy Mastura.

Mantan tapol juga sengaja dihadirkan sebagai bentuk pengakuan atas insiden pelanggaran terhadapnya. “Mereka sengaja kita hadirkan, karena bagaimana pun adalah bagian dari negara kita. Mereka adalah korban pelanggaran HAM yang saat ini sedang dipulihkan hak-haknya. Mereka juga punya hak atas kemerdekaan ini,” sebut Ketua SKP-HAM Nurlaela Lamasitudju.

Suasana menjadi riang karena selain aksi panggung apra lansia, panitia juga menyediakan door prize yang berhadiah langsung. (afd)

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>