PN Nyatakan Tidak Berwenang Mengadili, Edmond Lakukan Upaya Hukum

0
287
Ilustrasi
Ilustrasi

PALU, beritapalu.NET | Sidang Gugatan Edmond Leonardo Siahaan SH atas DPP dan DPW Nasdem berlanjut hingga Senin (15/8/2016) dengan agenda putusan sela. Pengadilan Negeri (PN) Palu dalam sidang itu menyatakan tidak berwenang memeriksa dan mengadili gugatan Edmond.

Atas putusan sela itu, Ketu Tim Pengacara Edmond, Errol Kimbal SH mengatakan, sejak awal gugatan dan duplik, pihaknya sudah menjelaskan bahwa gugatan tersebut adalah perdata atau perbuatan melawan hukum.

“Kami akan melakukan upaya hukum, sesuai dengan gugatan kami yakni Perbuatan Melawan Hukum (PMH). Karena sejak awal Gugatan Kami adalah Gugatan Perdata dan bukan Gugatan Sengketa Partai Politik (Parpol),” sebut Errol, Senin (15/8/2016).

Menurutnya, proses persidangan yang dijalani sampai Senin ini adalah proses persidangan perdata karena di dalamnya diadakan sidang mediasi, padahal sengketa sidang partai politik tidak mengenal mediasi.

Demikian juga katanya dalam sidang ini yang telah melewati 60 hari sejak didaftar, sedangkan jangka waktu penyelesaian perselisihan partai politik dibatasi hanya 60 hari saja. “Hal ini menandakan proses yang dijalankan adalah  acara perdata sehingga kami berhak melakukan Upaya Hukum yang diatur dalam Hukum Acara Perdata (HIR dan RBG),” jelasnya.

Dikatakan, dalam proses beracara Perdata di Pengadilan berdasarkan HIR dan RBG, pihaknya berhak untuk mengajukan Upaya Hukum dalam tenggang waktu yang disediakan dalam hukum acara Perdata yaitu 14 hari.

“Sebagai pencari keadilan, kami terus merindukan  dan memperjuangkan keadilan pada peradilan yang bersih dan transparan. Kami menyerukan dan mengajak seluruh pencari keadilan untuk memantau seluruh proses peradilan yang dijalaninya,” tegasnya. (afd/*)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here