Kritik Pembangunan Kota dengan Lukisan Mural

0
287
Sejumlah pelukis merampungkan karyanya pada lomba lukis mural bertema "Perilaku Kota Modern" di Taman Budaya Sulawesi Tengah di Palu, Senin (15/8/2016). (Foto: bmzIMAGES/Basri Marzuki/16)
Sejumlah pelukis merampungkan karyanya pada lomba lukis mural bertema “Perilaku Kota Modern” di Taman Budaya Sulawesi Tengah di Palu, Senin (15/8/2016). (Foto: bmzIMAGES/Basri Marzuki/16)

PALU, beritapalu.NET | Direktorat Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menggelar lomba  Seni Mural di Kota Palu, Sulawesi Tengah, Senin (15/8/2016).

Kegiatan yang mengangkat tema “Perilaku Kota Modern ” ini di ikuti oleh puluhan perupa di Sulawesi Tengah dengan berbagai latar belakang, mulai dari pelajar, dewasa dan orang tua, pegawai. Kegiatan ini bertujuan selain meningkatkan kreatifitas juga untuk memberikan pemahaman dalam membangun perkotaan tidak harus melakukan pengrusakan lingkungan.

Masing-masing perupa menuangkan idenya melalui media dinding yang terbuat dari tripleks. Ide dari perupa ini pun beragam di antaranya menceritakan tentang pembangunan infrastruktur perkotaan yang mengesampingkan lingkungan hingga terjadinya bencana alam.

Ketua penyelengara kegiatan, Endeng Mursalin menyatakan, tema tentang kehidupan perkotaan modern ini sengaja diangkat karena sesuai dengan kondisi perkotaan di indonesia saat ini khususnya kota Palu, seperti penimbunan laut, penebangan pohon maupun polusi udara.

Selain itu, Endeng Mursalin juga menjelaskan seni mural ini sebagai bentuk peningkatan kreatifitas masing-masing perupa maupun wada bagi para remaja untuk menuangkan idenya melalui lukisan dinding tanpa harus melukis di fasilitas umum.

Mufidah, pelajar SMUN 2 Palu yang juga terlibat sebagai peserta mengatakan, dirinya sangat berminat mengikuti kegiatan ini, selain dapat menyalurkan bakat juga ajang mnyalurkan apresiasinya di dunia lukis.

Bagi perupa yang meraih juara, hasil kreatifitasnya itu akan dipamerkan dengan hasil seni mural dari seniman-seniman lainnya di Sulawesi Tengah pada perayaan 17 Agustus mendatang. (wan)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here