Stadion Gawalise Usai Disulap, Siap Gelar Putaran Kedua ISC-B 2016 Grup 8

0
361
gawalise-1
foto atas: Basri Marzuki foto bawah: Rudy Eka Priyambada

PALU, beritapalu.NET | Palu, ibukota Provinsi Sulawesi Tengah yang juga markas tim Celebest FC dipercaya untuk menggelar putaran kedua Indonesia Soccer Championship (ISC) B 2016 setelah putaran pertama digelar di stadion Tuah Pahoe Palangkaraya Kalimantan Tengah belum lama ini.

Sepeti apa kesiapan tuan rumah, terutama tempat atau stadion yang akan digunakan untuk 15 pertandingan di putaran kedua itu? Tampaknya tuan rumah sudah membuat persiapan dari jauh-jauh hari.

Stadion Gawalise yang dua bulan lalu tampak kumuh dan “lecet-lecet”, kini telah disulap oleh tim teknis Celebest FC. Beberapa bagian stadion yang tidak mencerminkan layaknya sebuah stadion olahraga dibenahi, dipermak, diubah lalu dipoles kembali.

gawalise-3
foto kiri: Basri Marzuki foto kanan: Rudy Eka Priyambada

Hasilnya..? “Lumayan, setidaknya tidak akan membuat malulah kita sebagai tuan rumah,” ujar Abdul Rahman, warga Palu usai melihat-melihat kondisi Stadion Gawalise yang sedang dalam perampungan, Kamis (11/8/2016).

Perubahan itu tampak sangat mencolok, bukan saja karena bagian-bagiannya yang sudah koyak lalu diganti dengan yang baru, catnya yang dulunya kusam dan nyaris “berdaki”, kini sudah kelihatan gemerlap dengan warna dasar kuning dipadu warna putih.

“Kuning itu sudah menjadi warna dasar saudara tua kita, Persipal Palu. Celebest FC cukup disimbolkan dengan warna putih saja,” ujar manajer sekaligus pelatih Celebest FC Rudy Eka Priyambada dalam salah satu statusnya di akun facebook pribadinya.

Bukan hanya tampak luar yang dipermak sedemikian rupa. Bagian dalam, terutama lapangan juga tak luput dari pemolesan. Bahkan yang terpenting pada sebuah stadion adalah lapangannya. Karena itu pembenahan juga dilakukan.

gawalise-2
foto atas: Basri Marzuki foto bawah: Rudy Eka Priyambada

Bagian lapangan yang sebelumnya berwarna coklat karena kehilangan rumput, kini berbinar hijau. Tak hanya itu, sejumlah aksesoris lapangan juga diperlengkapi.

Dengan perubahan-perubahan seperti itu, dari aspek teknis hampir dapat dipastikan jika Stadion Gawalise sudah siap menggelar event tersebut.

Walau begitu, menurut Rudy Eka Priyambada yang meraih lisensi kepelatihannya yang berklasifikasi A AFC di Jerman ini, kesiapan fisik tidak cukup. Hal yang tak kalah pentingnya adalah mental untuk menjadi tuan rumah yang baik.

Makanya ia menekankan, terutama kepada para pendukung Celebest FC agar menjadi tuan rumah yang baik. “Hargai proses,” tandas Rudy.

Lebih dari itu, Rudy juga meminta seluruh pecinta sepak bola di Palu akan ikut menjaga Stadion Gawalise sebagai lambang supremasi dan kebanggaan bagi olahraga di daerah ini. “Ini adalh milik kita semua, maka sepantasnya kita ikut bersama-sama menjaganya,” harapnya.

Dijadwalkan, stadion Gawalise akan digunakan perdana pasca perbaikan pada 14 Agustus mendatang. Penggunaan perdana itu sekaligus menandai lag uji antara saudara tua dan saudara muda, Celebest FC dengan Persipal Palu.

Sedangkan kompetisi putaran kedua ISC-B Grup 8 akan berlangsung mulai 18Agustus hingga 4 September medantang. (afd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here