Belum Ada Nama yang Dideklarasikan Sebagai Pengganti Santoso

Kapolda Sulteng Brigjen Pol Rudy SUfahriadi. (Foto: beriapalu.NET/Aldi)

POSO, beritapalu.NET | Pascatewasnya pimpinan Mujahidin Indonesia Timur (MIT), Santoso alias Abu Wardah pada18 Juni lalu, hingga kini belum ada deklarasi yang dilakukan oleh sisa anggota kelompoknya tentang siapa pengganti Santoso.

Penanggung Jawab Komando Operasi tinombala 2016 Brigjen Pol Rudy Sufahriadi yang dihubungi di Poso sesaat akan bertolak ke Palu mengatakan, pihaknya juga menunggu deklarasi pengganti Santoso tersebut. Jika ada imbuhnya, Satgas Tinombala akan segera bertindak dan memburunya.

Dari 41 daftar pencarian orang (DPO), kini tersisa 16 orang DPO. Sementara dalam 16 DPO tersebut masih ada Ali kalora dan Basri yang diketahui memiliki peran yang cukup penting dalam aksi di wilayah Kabupaten Pososelain Santoso.

Menurut Rudy, kedua orang tersebut bisa saja menjadi pengganti Santoso. “Sampai saat ini, saya masih menunggu deklarasi dari mereka yang biasa di upload di medsos, siapa yang berani menjadi pemimpinnya setelah Santoso, saya cari dan harus dapat,” tegas Rudi yang juga menjabat sebagai Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Tengah.

Saat ini, sudah 25 orang yang diamankan. 16 meninggal dunia saat kontak tembak (termasuk Santoso) dan 9 lainnya hidup yang lima diantaranya “turun gunung” atau menyerahkan diri (termasuk Umi delima alias Jumiatun istri kedua Santoso.

Untuk mengejar sisa DPO, Satgas tinombala juga masih terus merubah strategi agar semuanya dapat tertangkap baik turun gunung menyerahkan diri ataupun ditindaki tegas dengan menembak mati. “Kalau tidak ada pengganti Santoso, silakan turun gunung dan jalani proses hukum yang ada,” himbau Rudy. (aldi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here