Rombongan Pasukan Brimob Rotasi Operasi Tinombala Tiba Di Palu

Satuan Pasukan Brimob mengikuti upacara pelepasan di Polda Sulselbar, Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (6/8/2016). Pasukan ini akan tiba di Palu Minggu (7/8/2016) sore ini. (Foto: Antara/Sahru Manda Tikupadang)
Satuan Pasukan Brimob mengikuti upacara pelepasan di Polda Sulselbar, Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (6/8/2016). Pasukan ini akan tiba di Palu Minggu (7/8/2016) sore ini. (Foto: Antara/Sahru Manda Tikupadang)

PALU, beritapalu.NET | Rombongan pasukan Brimob yang akan melaksanakan tugas keamanan bersandi Operasi Tinombala di Poso, Sulawesi Tengah mulai berdatangan. Pasukan yang tiba bertahap itu tiba di Palu menggunakan pesawat komersil.

Seperti Sabtu (6/8/2016) semalam sekitar pukul 23.45 Wita, 318 personel dari tiga kesatuan masing-masing-masing dari Satuan II Pelopor Kelapa Dua, dan Satuan Brimob Polda Sumatera Selatan tiba di bandara Mutiara Sis Aljufri Palu, Sulawesi Tengah.

Setibanya di bandara, mereka langsung menggelar apel ketibaan. Sebelum ebrangkat ke Poso, pasukan tersebut akan mengikuti prosesi penerimaan oleh Kapolda Sulteng Brigjen Rudy Sufahriadi yang juga penanggungjawab Operasi Tinombaal 2016 yang diperpanjang waktunya hingga November mendatang.

Dijadwalkan, hari Minggu (7/8/2016), sejumlah pasukan Brimob dari berbagai Polda seperti Sulsel, Jawa Timur, Kaltim dan Sulawesi Utara juga akan tiba pada sore dan malam nanti.

Pada rotasi pasukan kali ini, sedikitnya terdapat 741 personel Brimob yang akan berganti. Mereka yang telah terlebih dahulu bertugas di Poso dalam rangka operasi yang sama akan digantikan dengan personel yangbaru tiba tersebut.

Mereka nantinya akan disebar ke dalam empat sektor yang menjadi daerah operasi tinombala 2016. Ke empat sektor tersebut mencakup wilayah kecamatan Poso Pesisir Utara, Poso Pesisir, Poso Pesisir Selatan, dan wilayah Napu Kecamatan Lore.

Mereka akan focus memburu 17 sisa anggota kelompo Santoso yang kini masih berada di hutan-hutan. Menurut Kapolda, sisa anggota tersebut semakin terdesak pasca tewasnya pimpinan mereka, Santoso dan menyerahnya beberapa anggota mereka. (wan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here