Kapolda Sulteng Beber Peran Jumri dan 3 Pendukung MIT yang baru Ditangkap

0
258
Kapolda Sulteng Brigjen Pol Rudy Sufahriadi menunjukkan foto Jumri alias Tamar yang meneyrahkan diri kepada Tim intelijen, Sabtu (6/8/2016). (Foto: iwan)
Kapolda Sulteng Brigjen Pol Rudy Sufahriadi menunjukkan foto Jumri alias Tamar yang meneyrahkan diri kepada Tim intelijen, Sabtu (6/8/2016). (Foto: iwan)

POSO, beritapalu.NET | Pasca penyerahan diri Jumri alias Tamar kepada tim intelejen Badan Intelejen Negara (BIN) yang kemudian diserhakan kepada tim Satgas Operasi Tinombala, Kapolda Sulawesi Tengah membeber peran DPO anggota Kelompok mendiang Santoso tersebut di Mapolda Sulteng, Sabtu (6/8/2016).

Kapolda Sulteng Brigjen Polisi Rudi Sufahriadi mengatakan, salah seorang anggota kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT) memiliki peran penting dalam kelompok tersebut. Setidaknya kata Rudy, Jumri mengetahui semua kegiata yang dilakukan oleh kelompok ini selama berada di hutan-hutan Poso.

Penanggung jawab operasi dan keamanan Operasi Tinombala ini menyebutkan, Jumri alias Tamar menyerahan diri di fasilitasi oleh keluarganya kepada Satgas BIN ke dusun Ratulene kelurahan Kasiguncu kabupaten Poso.

Saat ini terduga teroris itu masih menjalani pemeriksaan di Polda sulteng yang dilakukan oleh tim Detasemen Khusus 88 Anti Teror.

Mantan Kapolres Poso ini memaparkan pula, dua hari yang lalu pihaknya menangkap tiga orang pendukung kelompok Santoso. Ketiganya di tangkap di Kota Palu, masing-masing bernama Jono Priadi alias Jono yangjuga PNS di kantor PU Kota Palu, Isa Abdul Rahman alias Berni, dan Muhammad Ismaul alias Muket.

Mereka berperan sebagai pendukung kelompok tersebut dan sebagai kurir di Kota Palu. Sedangkan Isa Abdul Rahman alias Berni, tahun 2014 lalu membantu mengurus persalinan istri Santoso, Jumiatun di Kota Palu, Dan Ismaun membantu mengantar DPO atas nama Agus suprianto bergabung dngan kelompok MIT.

Operasi tinombala yang berakhir hari ini, Sabtu (6/8/2016) dan akan terus di lanjutkan untuk masa waktu dua bulan ke depan. Rotasi pasukan pun akan di lakukan bertahap. Kapolda mengatakan akan tiba di Palu mulai besok pagi (Minggu , 7/8/2016) dari berbagai Polda terdekat termasuk Kelapa Dua Jakarta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here