Festival Rumah Katu Di Poso, Manjow Kita Rame-Rame Pigi

0
209
Salah satu sudut dari bagian Rumah Katu yang akan menggelar Festival. (Foto: Adriany Badrah)
Salah satu sudut dari bagian Rumah Katu yang akan menggelar Festival. (Foto: Adriany Badrah)

POSO, beritapalu.NET | Memeriahkan Hari Kemerdekaan ke-71, sebuah komunitas kreatif dari berbagai elemen pemuda di Poso baik kelompok seniman, pemuda masjid, pemuda gereja dan juga para pemuda yang pernah terlibat dalam konflik akan menggelar festival bertajuk “Festival Rumah Katu”.

Festival yang baru pertama kali digelar itu akan diisi dengan sejumlah acara antara lain musik, Tari, Stand Up Komedy, Puisi, Workshop, Pameran Foto dan Seni Rupa, Pemutaran Film, Diskusi Budaya, Kuliner, Diving, Fishing, Outbond, Camping Ground dan Dero bersama.

Adriani Badrah, salah seorang inisiator kegiatan itu mengatakan, festival itu merupakan salah satu wujud kesadaran para pemuda yang cinta terhadap tanah Poso. “Mereka bersama-sama mendirikan RUmah Katu sebagai wadah berkumpul dan melakukan hal-hal positif,” sebutnya.

Rumah Katu berdiri sejak 22 Januari 2016. Rumah Katu secara terminology adalah rumah beratap rumbia atau daun sagu. Rumah Katu adalah tempat berkumpul segala komunitas, lintas agama, suku, budaya. Katu juga singkatan dari KAmi saTU Rumah Katu bergerak dibidang wisata, seni, budaya dan sosial kemasyarakatan.

Ia mengatakan, dengan momentum kemerdekaan dan kerinduan yang sangat mendalam akan Tana Poso yang sejatinya adalah merdeka, aman, indah, asyik dan gembira.

“Kegiatan ini kerjasama antara kawan-kawan pekerja seni Palu dengan Rumah Katu dan kawan-kawan pekerja Seni Kota Poso,” imbuhnya. Ini pun tambahnya, tergelar atas swadaya dan gerakan donasi masyarakat.

Festival Rumah Katu sendiri akan dilaksanakan pada 19 dan 20 Agustus 2016 di Rumah Katu, Keluarhan Madale, Kecamatan Poso Kota Utara, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah. (afd/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here