Published On: Fri, Jul 22nd, 2016

Keluarga Siapkan Pemakaman Santoso Di Landangan, Poso Pesisir

Polisi bersenjata lengkap berjaga di depan kamar jenazah Rumah Sakit Bhayangkara Palu, Sulawesi Tengah, Rabu (20/7/2016) tempat dua jenazah teroris Poso disemayamkan. (Foto: bmzIMAGES/Basri Marzuki/16)

Polisi bersenjata lengkap berjaga di depan kamar jenazah Rumah Sakit Bhayangkara Palu, Sulawesi Tengah, Rabu (20/7/2016) tempat dua jenazah teroris Poso disemayamkan. (Foto: bmzIMAGES/Basri Marzuki/16)

POSO, beritapalu.NET | Pimpinan Mujahidin Indonesia Timur (MIT) Santoso yang tewas tertembak oleh pasukan yang tergabung dalam satgas Operasi Tinombala pada Senin (18/7/2016) lalu dan kini masih berada di kamar jenazah RS Bhayangakra Palu direncanakan akan dimakamkan di Dusun Landangan, Desa Lantojaya, Poso Pesisir, Kabupaten Poso, Sualwesi Tengah.

Informasi yang berhasil dihimpun, penetapan lokasi pemakaman itu ditetapkan setelah dilakukan kesepakatan bersama tokoh agama, tokoh masyarakat dan keluarga Santoso yang ada di Poso.

Informasi itu menyebutkan, sebelum dimakamkan di Desa Landangan, jenazah Santoso yang kini masih berada di kamar jenazah RS Bhayangkara Palu akan disemayamkan beberapa saat di rumahnya di Desa Bhakti Agung kecamatan Poso Pesisir Utara.

Sementara itu, suasana di rumah Santoso di Desa Bahkti Agung tampak telah berdiri sebuah tenda yang didirikan oleh warga setempat.

Di bagian lain di Palu, kamar jenazah RS Bhayangkara dijaga ketat oleh aparat bersenjata lengkap. Keluarga dari korban lainnya yakni Mukhtar tampak mendatangi kamar jenazah tersebut untuk memastikan yang tewas itu adalah saudaranya. Sekitar 15 menit di kamar jenazah, salah seorang keluarga tersebut keluar dan langsung meninggalkan RS Bhayangkara.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyebutkan, jenazah Santoso dan Mukhtar akan diserahkan ke pihak keluarga setelah hasil test DNA sudah selesai dilakukan. Tito mengatakan, hasil test DNA tersebut dijadwalkan pada Jumat (22/7/2016) hari ini.

Hingga berita ini diturunkan, belum diperoleh kepastian waktu penyerahan kedua jenazah tersebut kepada pihak keluarga, meskipun keluarga masing-masing jenazah sudah menyiapkan tempat pemakaman. Jenazah Mukhtar direncanakan akan dimakamkan di Palu. (afd/*)

 

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>