Mendesak, Polres Palu Butuh Ruang Tahanan Baru

0
129
Ilustrasi ruang tahanan yang sesak penghuni. (Foto: surbayaonline.co)
Ilustrasi ruang tahanan yang sesak penghuni. (Foto: surbayaonline.co)

PALU, beritapalu.NET | Ruang tahanan yang dimiki oleh Polres Palu kini tak memadai lagi untuk menampung para pelaku tindak kejahatan yang kian hari makin banyak. Karena itu, penambahan ruang tahanan menjadi kebutuhan yang mendesak.

“Seiring dengan berkembangnya pertumbuhan penduduk Kota Palu, maka secara logis akan berpengaruh terhadap tingginya dinamika masyarakat Kota Palu. Dengan tingginya dinamika masyarakat, maka akan berbanding lurus dengan dinamika keamanan dan ketertiban masyarakat kota Palu. Indikatornya adalah semakin tingginya gangguan kamtibmas yang bersumber dari kejahatan,” kata Kapolres Palu AKBP Basya Radyananda SIK, Sabtu (16/7/2016).

Kapolres mengatakan, sudah banyak pelaku kejahatan yang di tangkap oleh Polres Palu, ini terbukti bahwa sejak bulan Maret 2015 sampai dengan saat ini, rata-rata setiap harinya jumlah tahanan Polres Palu berkisar 85 sampai dengan 105 orang. “Sementara kapasitas ruang tahanannya masih terbatas,” tandasnya.

Idealnya kata Kapolres, tahanan yang ada saat ini hanya menamung 45 orang tahanan. Namun saat ini cukup banyak dan berdesak-desakan. “kita butuh yang berkapasias lebih besar, paling tidak 150 orang,” imbuhnya.

Keterbatasan ini sebutnya akan berpengaruh terhadap keamanan dan ketertiban di ruang tahanan. Oleh sebab itu sudah mendesak segera di bangun ruang tahanan baru yang lebih baik dan layak dan segi keamanan dan kesehatan.

Untuk keperluan pembangunan ruang tahanan baru ini, Polres Palu menyadari bahwa negara masih memiliki keterbatasan anggaran, sementara hal tersebut sudah sangat mendesak diperlukan.

Oleh sebab itu untuk memenuhi kebutuhan tersebut, maka selain dengan cara mengusulkan pembangunan ke negara, maka cara lain adalah dengan cara hibah dari pemerintah daerah atau swasta.

“Kita mengajak peran serta dan partisipasi masyarakat untuk juga peduli dengan Polrinya, sehingga semua permasalahan-permasalahan Kamtibmas di Kota Palu dari hulu sampai dengan hilir dapat sama-sama di pesahkan,” harap Kapolres Basya. (afd/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here