PALU, beritapalu.NET | Bagi anda yang akan melaksanakan perjalan mudik pada lebaran tahun ini, tidak perlu khawatir soal pelayanan kesehatan jika secara tiba-tiba mendapat musibah. Karena BPJS Kesehatan meringkaskan prosedur pelayanan kesehatannya selama mudik tersebut.

Warga yang akan mudik mengecek administrasi kepesertaannya di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Palu, Sulawesi Tengah, Rabu (29/6/2016). Menjelang lebaran, BPJS Kesehatan memperluas layanannya dengan memangkas prosedur penanganan kesehatan pemudik, yakni dapat langsung ke Intalasi Gawat Darurat (IGD) di Rumah Sakit setempat jika mengalami kecelekaan saat mudik atau lebaran dan berlaku H-7 sampai H+7. (Foto: bmzIMAGES/Basri Marzuki/16)

Contohnya, jika selama dalam perjalanan mudik atau balik dari mudik tiba-tiba anda mendapat musibah, entah itu kecelakaan yang memerlukan penanganan medis, maka anda tak perlu harus melapor dulu ke kantor BPJS Kesehatan tempat anda selama ini dilayani untuk dapat segera mendapat pelayanan kesehatan.

“Prosedurnya diperingkas. Setiap peserta cukup menunjukkan kartu BPJS Kesehatannya di Rumah Sakit terdekat yang ditunjuk oleh kantor cabang BPJS Kesehatan,” ungkap Kepala Cabang BPJS Kesehatan Palu, dr.Gerry Adhikusuma di Kantor BPJS Kesehatan Palu, Rabu (29/6/2016).

Rumah Sakit yang ditunjuk oleh BPJS Kesehatan adalah seluruh rumah sakit milik pemerintah di Sulawesi Tengah. Oleh karena itu, Gerry mengimbau agar setiap peserta BPJS Kesehatan dan peserta Kartu Indonesia Sehat (KIS) selalu membawa kartunya kemana pun bepergian.

“Pengumuman prosedur pelayanan kesehatan bagi peserta BPJS Kesehatan saat mudik akan kita tempatkan di titik-titik strategis di jalur mudik, terutama di pos-pos mudik dari pihak kepolisian. Di pengumuman itu kita cantumkan juga nomor hotline service dan daftar rumah sakit yang ditunjuk,” jelasnya.

Kebijakan peringkasan prosedur pelayanan kesehatan itu menurutnya berlaku sejak H-7 sampai H+7 lebaran. Catatannya adalah pelayanan kesehatan tersebut hanya berlaku bagi peserta yang berstatus aktif, yakni yang telah membayar dan disiplin membayar iuran . (afd)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *