Bupati Morowali Disarankan Konsultasi Dulu Sebelum Reklamasi Pantai Bungku

0
208

PALU, beritapalu.NET | Ombudsman perwakilan Sulteng menyarankan Bupati Morowali agar melakukan konsultasi dan koordinasi kepada Gubernru Sulteng dan instansi terkait adanya rencana melakukan reklamasi Pantai Kota Bungku.

Kepala Perwakilan Ombudsman Sulteng, Sofyan Farid Lembah mengatakan, berdasarkan pemeriksaan dokumen yang dilakukannya, telah terjadi maladministrasi dalam renana pelaksanaan reklamasi tersebut.

Maldministrasi itu antara lain, dalam Perda Morowali No.10/2013 tentang RTRW Morowali 2012-2032, tidak dicantumkannya ruang pantai Kota Bungku dan rencana pola ruangnya. “Bahkan hingga kini, Pemda Morowali belum memiliki Perda rencana zonasi wilayah peisisir dan pulau-pulau kecil,” imbuh Sofyan.

Tak hanya itu, Pemda Morowali juga diminta melakukan revisi RTRW agar kepastian hukum dalam berinvestasi dapat lebih tegas. “Tapi revisiRTRW itu bukan berarti upaya pemutihan untuk melegalisir rekalamsi yang bertetnangan dengan RTRW,” sergah Sofyan.

Sofyan juga meminta kepada Bupati Morowali agar tidak memproses dokumen lingkungan terkait rencana reklamasi itu, akrena ada ketidaksesuaian antara lokasi RTRW yan telah ditetapkan dalam bentuk Perda.

“Inti adalayah, tidak memproses perizinan terkait rencana rekalamasi pantai Bungku sampai adanya alas hukum yang pasti sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku. (wan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here