Bom Rakitan Diledakkan di Markas Brimob Poso

POSO, beritapalu.NET | Sejumlah bom rakitan meledak di Markas Brimob Subden 3 Den B Pelopor Landangan Poso, Sulawesi Tengah, Senin (13/6/2016). Bom hasil Operasi Camar di Poso beberapa waktu lalu itu sengaja diledakkan agar tidak membahayakan.

Unit Jibom Brimob Polda Sulteng mempersiapkan peledakan bom rakitan di Markas Brimob Landangan Poso, Senin (13/6/2016). (Foto: Humas Polda Sulteng)
Unit Jibom Brimob Polda Sulteng mempersiapkan peledakan bom rakitan di Markas Brimob Landangan Poso, Senin (13/6/2016). (Foto: Humas Polda Sulteng)

Pelaksanaan pemusnahan (disposal) barang bukti bahan peledak itu tidak dilakukan secara sekaligus melainkan secara bertahap mulai pukul 11.15 Wita hingga 13.40 Wita.

“Sengaja bertahap seperti itu untuk mengurangi daya ledaknya sekaligus agar masyarakat di sekitarnya tidak terganggu,” terang Kabid Humas Polda Sulteng AKBP Hari Suprapto.

Barang bukti bahan peledak yang dimusnahkan terdiri dari berbagai jenis seperti bom rakitan baik yang diserahkan sukarela oleh masyarakat maupun penemuan oleh masyarakat yang ditindak lanjuti oleh petugas, serta hasil penegakan hukum.

“Petugas yang melakukan disposal adalah dari Unit Jibom Brimob Polda Sulteng, dan merekalah yang memiliki kewenangan serta kemampuan tehnis untuk pemusnahan bahan peledak,” imbuh Hari.

Disebutkan, sebelumnya disposal bom rakitan itu dilakukan, pihaknya sudah menyampaikan kepada masyarakat terutama di sekitar Markas Brimob Landangan. Hal ini dilakukan agar masyarakat sekitar mengetahui serta tidak terkejut bila terdengar suara ledakan.

“Kami juga meminta maaf sebelumnya apabila pelaksanaan disposal akan sedikit mengganggu masyarakat terutama yang mempunyai anak kecil (bayi) serta kemungkinan ada masyarakat yang sedang sakit,” imbuh Hari. (afd/*)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here