Hapus Stigma Kekerasan, TNI Gelar Operasi Teritorial di Poso

0
167

POSO – Tentara Nasional Indonesia (TNI) berusaha mengambil peran untuk menghapus stigma bahwa Kabupaten Poso adalah daerah yang penuh dengan kekerasan. Salah satu caranya yakni dengan menggelar Operasi Teritorial.

“Operasi teritorial ini semata-mata bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat kabupaten Poso guna mengangkat harkat dan martabat Kabupaten Poso di mata dunia,” kata Panglima Kodam VII/Wirabuana Mayjen TNI Agus Surya Bakti pada pembukaan Opersi Teritorial TNI di Desa Tabalu, Kecamatan Poso Pesisir, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, Sabtu (4/6/2016).

Dalam acara yang juga dihadiri Bupati Poso Darmin Sigilipu dan sejumlah tokoh agama itu, Pangdam mengemukakan, operasi itu menggunakan pendekatan kesejahteraan, seperti menciptakan lapangan kerja, membuka lahan tidur untuk dijadikan sawah baru, serta membangun jalan dan jembatan.

Ia juga menyatakan akan membantu para petani dengan ribuan traktor tangan, bibit tanaman bermutu serta mendampingi petani mulai dari menanam hingga musim panen.

“Operasi teritorial ini bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat Kabupaten Poso, serta mengangkat harkat martabat Kabupaten Poso, yang selama ini dikenal dengan kekerasan dan pertikaian. Kita bangun kesejateraan masyarakat lewat petani dengan pemberian sejumlah bantuan,” katanya yang disambut tepuk tangan ratusan warga.

Operasi itu dilakukan TNI bekerja sama dengan Kementerian Pertanian dan tidak ada sangkut pautnya dengan Operasi Tinombala yang memburu para pelaku teror di Poso.

“Menciptakan kemanan warga di Kabupaten Poso bukan saja dengan operasi keamanan oleh pihak kepolisian dan TNI, tetapi juga dengan meningkatkan kesejateraan ekonomi masyarakat,” imbuh Pangdam. (afd/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here