BI Sulteng Siapkan Rp3 Triliun Uang Tunai

0
179

PALU – Kebutuhan uang tunai selama ramdhan dan terutama menjelang lebaran dipastikan akan meningkat. Karena itu, Bank Indonesia (BI) telah membuat antisipasi dengan menyediakan uang tunai sebesar Rp3 triliun.

Uang dengan nominal itu terdiri dari uang kertas dan uang logam. “Jumlah itu juga lebih besar dari tahun kemarin, mencapai 2,5 kali lebih banyak,” ungkap Kepala BI Perwakilan Sulteng, Purjoko, Jumat (3/6/2016).

Uang tunai sebanyak itu dapat diperoleh di bank-bank umum dan juga penukaran di kantor BI Perwakilan Sulteng sesuai jadwal yangs udah diatur.

Selain melaui kantor bank, penukaran juga dapat dilakukan melalui kas keliling BI yang selama ramadhan akan ditingkatkan intensitas ke lapangan seperti pasar-pasar tradisional dan kantor-kantor.

Menurutnya, pemicu meningkatnya kebutuhan uang tunai, salah satunya adalah kegiatan ekonomi di daerah ini yang terus meningkat.

Triwulan IV 2015 pertumbuhan ekonomi Sulteng mencapai 15,1 persen, dan triwulan I 2016 sebesar 11 persen. Triwulan II 2016 diperkiarkan akan mencapai 14,1 persen. (afd/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here