Diluncurkan Top-Level Domain .ART Untuk Seni Budaya

0
172

LONDON – UK Creative Ideas Limited (UKCI) meneken perjanjian dengan ICANN (Internet Corporation for Assigned Names and Numbers), pada akhir Maret, untuk meluncurkan dan menjadi operator eksklusif dari top-level domain (TLD) baru bernama .ART.

Launching resminya akan berlangsung paling lambat musim gugur 2016, dimana .ART merupakan domain Internet baru khusus melayani komunitas seni dan budaya, dengan menyediakan infrastruktur untuk meningkatkan dan menjaga keberadaan industri seni di dunia daring.

Domain .ART ini lebih singkat,  bisa digabungkan dengan banyak pilihan nama, memudahkan pencarian, serta langsung terkait dengan seni. Dunia seni global akan berkesempatan untuk menjalin hubungan yang lebih berarti dengan khalayak di ranah digital.

“Kami sangat beruntung bisa memperoleh hak mengelola domain .ART dalam jangka panjang,” ungkap Ulsi Kasimov, Pendiri UKCI. “Saat ini, kita berada pada awal sebuah fase inovasi di seni online, dan domain .ART menjadi fasilitator penting bagi keberadaan dan penentu masa depan bagi komunitas seni dan budaya.”

Tujuan kami adalah untuk mendukung museum-museum, galeri-galeri, seniman-seniman, rumah lelang dan pihak lain dalam melindungi dan meningkatkan merek mereka, serta menginspirasi lembaga baru untuk membangun domain .ART ini, serta membuat nama domain ini tersedia bagi pegiat seni yang berusia muda. Domain mereka sudah tidak lagi tersedia pada TLD lain, namun mereka masih ingin memiliki domain lain yang berkaitan langsung dengan seni,” kata John Matson, CEO UKCI.

Proses mendapatkan domain .ART dimulai pada 2012, saat UKCI mendaftar sebagai pengelola domain .ART ke ICANN, badan nirlaba global yang bertanggung jawab untuk mengatur dan mengawasi kebijakan domain Internet. Pada 2014, ICANN mengembangkan beberapa top-level domain umum termasuk nama kota seperti .nyc dan .london, domain industri spesifik  seperti .luxury dan .guru; atau seperti merek .axa, .bmw, dan .google. Dengan ditandatanganinya kontrak baru ini, domain .ART akan diluncurkan pada akhir 2016. (PR Newswire)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here