Tertangkap Warga di Jalan Veteran, Dua Penjambret Dibonyok

PALU – Warga di sekitar Jalan Veteran Palu bagian atas “pesta” bogem. Puluhan warga menghadiahi bogem mentah kepada dua pria yang menjambret dan tertangkap. Tak hanya dibonyok, motor yang digunakan kedua penjambret itu juga dibakar massa.

Bagaimana kronologi amuk massa itu…? Salah seorang warga yang ikut membonyok penjambret di TKP itu menceritakan, kedua penjambret yang kemudian diketahui berinisial IC dan IB itu menjambret di perempatan Jalan Garuda – Jalan Maleo. Korbannya dua orang ibu yang sedang berboncengan naik motor.

Begitu dijambret, kedua ibu itu langsung berteriak “jambret” dan didengar oleh warga. Beberapa warga pun berinisiatif mengejar kedua penjambret itu yang melarikan diri. Bak film laga, penjambret dan warga yang memburunya saling kejar-kejaran di tengah padatnya arus lalu lintas di Jalan Veteran.

Hingga menjelang traffic light di Jalan Veteran – Jalan Jalur Dua, penjambret tersebut membelokkan motornya ke kanan masuk ke lorong dekat salah satu kantor alat berat di jalan Veteran itu. Sial bagi penjambret tersebut, karena motor yang dikendarai kehabisan bensin.

Motor pun ditinggalkan tepat di tepi jalan dan kedua pelaku langsung melarikan diri masuk ke semak belukar tanah kosong di belakang kantor alat berat tersebut untuk bersembunyi. Namun warga yang mengejarnya dan terus meneriakkan kata “penjambret” melihatnya. Tak ayal lagi, warga dan pelintas ikut membantu memburu kedua penjambret tersebut.

Rupanya semak belukar di tempat itu buntu alias tidak ada jalan keluar. Jadilah keduanya terkepung dan tertangkap warga. “Bug, bug, bugg…” bunyi tendangan, pukulan warga kepada kedua penjambret tersebut.

Warga yang mengaku salah seorang keluarganya juga pernah dijambret seperti itu ikut melampiaskan kekesalannya kepada kedua penjambret tersebut. “Oh ini semua yang suka menjambret. Mungkin ini juga yang menjambret tante saya,” ujar seorang warga sambil melayangkan jab kiri dan kanannya dan tepat mengenai pipi kiri dan kanan salah seorang penjambret tersebut.

Jalan macet total di wilayah itu karena sejumlah pengendara yang melintas lagsung berhenti dan membiarkan motornya di tengah jalan, lalu menghadiahi bogem kepada kedua pelaku jambret yang berdasarkan informasi disebutkan adalah warga Jalan Tombolotutu Palu.

Tak selesai sampai disitu, warga yang sangat kesal dengan perilaku kedua penjambret itu membakar motor yang dikendarai oleh keduanya dan tergeletak tepat di sisi jalan. Asap pun mengepul ke atas. Tak ada yang tersisa dari motor Yamaha Jupiter MX itu setelah dibakar massa kecuali rangka besinya.

Sementara itu, warga yang melaporkan kejadian itu ke polisi segera datang. Walau demikian, massa yang baru datang tetap berusaha melayangkan tinjunya ke kedua penjambret yang sedang diamankan oleh aparat tersebut.

“Biar saja pak, jangan dulu diambil, biar kita kasi pelajaran dulu baru bapak ambil,” ujar salah seorang warga. Namun aparat tetap berusaha mengevakuasi kedua pelaku agar tidak menjadi bulan-bulanan kekesalan warga. Keduanya lalu diamankan ke Porles Palu.

Beberapa saat kemudian, motor pelaku yang sudah habis terbakar juga diangkat ke mobil patrol Polisi untuk diamankan sebagai barang bukti.

Informasi yang berhasil dikumpulkan, kedua korban penjambretan itu masing-masing berinisial ibu NA dan SA, keduanya warga Jalan Karanjalemba.  (afd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here