MUI Palu Ajak Umat Muslim Perbaiki Arah Kiblat

0
205

PALU – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Palu Provinsi Sulawesi Tengah mengajak kepada umat Islam di daerah tersebut untuk menjadikan hari kiblat sebagai momen penting untuk memperbaiki kiblat.

Ketua MUI Kota Palu, Prof. Dr. H. Zainal Abidin M.Ag, di Palu, Jumat, menyatakan bahwa momen hari kiblat perlu dipergunakan dan dimanfaatkan sebaik mungkin oleh umat Islam untuk memperbaiki kiblat arah hadapan saat melaksanakan shalat dan posisi masjid.

“Momen sangat penting dan terjadinya juga sangat langkah, olehnya kesempatan yang ada jangan disia – siakan melainkan manfaatkan untuk memperbaiki kiblat tempat ibadah,” ungkap Prof. Zainal Abidin.

Dirinya menyatakan ketepatan kiblat bagi umat Islam menjadi penting untuk dilakukan, utamanya ketepatan arah kiblat saat membangun masjid – masjid di daerah tersebut.

Ia juga menyebut bahwa memanfaatkan momen tersebut, juga sebagai salah satu solusi untuk menghindari adanya perdebatan mengenai ketepatan arah kiblat dikalangan umat Islam dalam membangun masjid.

“Terkadang kita berbeda pendapat dan mempertahankan pendapat masing – masing mengenai kiblat dan kemiringannya. Hal itu akan menjadi perdebatan panjang jika tidak ada solusi untuk meluruskan hal itu,” sebutnya.

Terkait hal itu Kementerian Agama RI dalam press release Rashdul Kiblat tanggal 27 Mei 2016, yang ditandatangi oleh Direktur urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag, Muhammadiyah Amin menyebutkan bahwa berdasarkan data astronomi pada hari Jumat pukul 16.18 Wib/17.18 Wita, matahari melintasi tepat di atas Ka’bah. Dengan itu, suatu benda yang berdiri tegak lurus dimana saja akan mengarah lurus ke Ka’bah.

Olehnya umat muslim yang hendak memperbaiki kiblat diminta untuk memperhatikan tiga hal yaitu, benda yang menjadi patokan harus benar-benar berdiri tegak lurus atau pergunakan Lot/Bandul.

Kemudian permukaan dasar harus betul – betul datar dan rata, serta jam pengukuran harus disesuaikan dengan BMKG , RRI dan Telkom. (mad/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here