800 Polisi Diterjunkan dalam Pengamanan Ramadhan

0
140

PALU – Polres palu telah mempersiapkan sedikitnya 800 personelnya untuk pengamanan selama Ramadhan 1437 H yang oleh Muhammadiyah dipastikan akan dimulai pada 6 Juni 2016 mendatang.

Personel polisi itu terdiri dari 494 orang dari Polres Palu, selebihnya personel yan di Bawah Kendali Opersi (BKO) dari Polda Sulawesi Tengah.

Kapolres Palu, AKBP Basya Radyananda mengemukakan, personel tersebut yang tergabung dalam pengamanan ramadhan itu akan bertugas selama 60 hari. “Kerawan yang biasanya terjadi pada bulan Ramadhan adalah apda waktu setelah sahur sampai hari terang, dan pada saat menjelang buka puasa sampai dengan setelah shalat tarawih,” terang Kapolres.

Yang rawan itu seperti balapan liar, kebut-kebutan, minuman beralkohol, prostitusi, kenakalan remaja, curas, curat, curanmor, narkoba, perkelahian preman dan perebutan lahan parkir.

“Kami sudah menyiapkan Satgas Pengamanan yang terdiri dari satgas pre-emtif, preventif dan Satgas penegakan hukum (gakum),” rinci Basya.

Dalam satgas preemtif, Polres Palu akan melaksanakan sosialisasi dan pencerahan kamtibmas, satgas preemtif bekerja sama seperti MUI maupun SKPD, melakukakan monitoring yang berpotensi terhadap gangguan kamtibmas maupun monitoring pengendian dan pendistribusian sembako.

Satgas preventif akan melaksanakan pengaturan lalu lintas, patroli hunting pada waktu waktu rawan. Sedangkan satgas Penegakkan hukum dengan sasaran kasus pencurian dengan kekerasan, pencurian dengan pemberatan, dan pencurian kendaraan bermotor, serta kejahatan lainnya seperti peredaran petasan dan mercon, minuman keras, minuman beralkhohol, prostitusi, narkoba dan senjata tajam.

Terkait pengaturan parkir, Kapolres meminta kepadaDInas Perhubungan agar dapat menertibkan tukang parkir dengan memberikan rompi dan tanda identitas yang seragam agar memudahkan dalam pelaksanaan tugasnya. (afd/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here