Published On: Mon, May 23rd, 2016

KontraS Surati Panglima TNI Terkait Pemukulan Wartawan Luwuk Post

JAKARTA – Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KonstraS) melayangkan surat ke Panglima TNI  Jenderal TNI Gatot Nurmantyo terkait pemukulan wartawan Luwuk Post, Asnawi Zikri oleh oknum anggota TNI Kopda Salim yang bertugas di Kodim 1308 Luwuk Banggai.

Surat tertanggal 23 Mei 2016 dan ditandatangani oleh Wakil Koordinator Bidang Advokasi KontraS Yati Andriyani itu berisi desakan kepada Panglima TNI untuk memerintahkan jajarannya untuk memproses hukum dan menindak Kopda Salim sesuai aturan hukum yang berlaku, adil dan transparan sehingga dapat dipantau oleh publik.

Panglima TNI juga diminta memberikan jaminan perlindungan dan pengobatan secara menyeluruh terhada korban Asnawi. “Juga memastikan adanya penjelasan dan informasi yang memadai mengenai tindaklanjut dan perkembangan perkara ini, guna memastikana danya proses hukum yang berjalan sesuai dengan aturan dan mekanisme yang berlaku,” tulis Yati.

KontraS juga mengimabu kepada seluruh anggota TNI untuk senantiasa menghormati hak wartawan dan masyarakat untuk menyebarkan dan memperoleh informasi dalam rangka tugas jurnalsitik.

Sementara itu sebelumnya, Danrem 132 Tadulako Kolonel Infanteri Mohammad Saleh Mustafa saat menerima pengurus Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Palu yang dipimpin Mohammad Iqbal mengatakan telah memerintahkan anggotanya tersebut diproses sesuai hukum yang berlaku.

Bahkan Danrem juga meminta wartawan maupun anggota AJI untuk mengakses seluas-luasnya proses persidangan jika kasus tersebut telah sampai ke peradilan. (wan/*)

Berita terkait:

Tidak Terima Ayahnya Dikorankan, Oknum TNI Pukul Wartawan di Luwuk

AJI Palu Minta Danrem 132 Tadulako Tegakkan Proses Hukum

Kontras Sulawesi Minta Oknum TNI Pukul Wartawan Diproses di Peradilan Koneksitas

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

%d bloggers like this: