Jalan Menuju Lore Tengah Poso masih Tertimbun

POSO – Sudah dua pekan lamanya jalan menuju Kecamatan Lore Tengah, Kabupaten Poso, tepatnya  antara Desa Torire dan Bariri masih tertimbun longsoran akibat tingginya intensitas hujan.

Longsor yang terjadi pada Sabtu (8/5/2016) lalu itu menutup satu-satunya akses jalan warga dari dan menuju Lore Tengah. Kendaraan sama sekali tak bisa lewat, kecuali motor. Itu pun harus dipikil oleh empat orang bru bisa menyeberang.

Dengan tertimbunnya jalan itu, praktis warga terisolir. Sembako nyaris tidak bisa disuplai ke wilayah itu karena tidak bis amenembus longsoran. Tak hanya itu, harga hasil pertanian warga anjlok drastis karena para pedagang yang biasanya datang membeli, kini tidak bisa lagi.

Menurut Kades Talabosa, Tumpe, beberapa waktu lalu anggota DPRD Poso sudah meninjau lokasi tersebut. Namun sejak itu hingga kini tidak ada lanjutnya.

Warga katanya terpaksa mencoba menyingkirkan sedikit demi sedikit timbunan dengan peralatan seadanya agar kendaraan bisa melintas. Itupun harus dengan ekstra hati-hati karena banyaknya lumpur yang menimbun. Kendaraan yang lewat harus dibantu didorong dengan tenaga manusia.

“Harga sembako sekarang di Lore Tengah naik. Begitu juga dengan harga hasil panen petani turun karena mau dibawa kemana, jalannya longsor,” ujar Tumpe.

Mewakili warga Lore Tengah, ia berharap longsor yang menimpah jalan yang terjadi di dua titik tersebut dapat segera diatasi karena sangat menyusahkan warga setempat.

Menurut Tumpe, longsor di wilayah itu memang sering terjadi. Ironisnya katanya, karena sepertinya kurang mendapat perhatian dari pemerintah. Buktinya, sudah dua minggu longsoran itu terjadi namun bantuan pemerintah hamper tidak ada untuk mengatasinya.

Warga berharap agar pemerintah dan DPRD tidak sekadar datang dan melihat longsoran itu, karena yang dibutuhkan aksi nyata agar warga terbebas dari keterisolasian akibat longsor tersebut. (afd)

Berita Terkait:

Jalan ke Lore Tengah Tertimbun Longsoran

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here