Published On: Tue, May 17th, 2016

Danrem Perintahkan Anggotanya Diproses Hukum

PALU – Komandan Korem 132 Tadulako, Kolonel Inf M. Saleh Mustafa menegaskan telah memerintahkan agar anggotanya yang melakukan pemukulan terhadap wartawan Luwuk Post di Banggai diproses hukum meskipun ada mediasi yang oleh Kodim 1308 Luwuk Banggai dengan Harian Luwuk Post.

Penegasan itu disampaikan Danrem saat menerima sejumlah Pengurus Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Palu di ruang kerjanya, Senin (16/5/2016).

Saleh mengungkapkan, usai menerima informasi aksi pemukulan yang melibatkan oknum anggota Kodim 1308 Luwuk Banggai bernama Kopda Salim, ia langsung memerintahkan Komandan Kodim setempat untuk segera melakukan proses hukum.

“Silakan saja melakukan mediasi, itu bagian untuk menjaga silaturahmi. Tapi kita jamin proses hukum terhadap pelaku tetap dilakukan,” ungkap Saleh.

Ia mengatakan, dari kasus tersebut, baik pelaku, korban, serta TNI dan wartawan bisa mengambil hikmahnya sembari menjalin kembali hubungan baik kedua belah pihak. “Kita juga berharap agar media bisa menjadi alat pemersatu bangsa,” kata mantan komandan jelajah Nusantara 2015 ini.

Ia mengaku, saat proses pemeriksaan terhadap Kopda Salim oleh Subdenpom Luwuk sedang berjalan. Tak hanya itu, Danrem juga menegur keras Dandim Luwuk Banggai agar kasus serupa tidak terjadi kembali.

“Saya juga minta agar bersama menyatukan persepsi dengan rekan-rekan media. Jika ada hal-hal yang kurang mengenakan silakan dikomunikasikan, jangan sampai mengedepankan emosi. Kita semua sama-sama mendukung tugas masing-masing,” harap Kolonole Infanteri M. Saleh Mustafa. (afd/*)

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>