Banjir Bandang Terjang Desa Sintuwu Palolo, Sigi

SIGI – Hujan deras yang terus mengguyur Desa Sintuwu, Kecamatan Palolo, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah mengakibatkan banjir bandang. Banjir yangmenerjang sejumlah rumah warga itu terjadi Selasa (17/5/2016) sekitar pukul 15.30 Wita.

Informasi yang berhasil dirangkum, banjir bandang itu mengurung warga yang berada di desa tersebut. Hingga berita ini diturunkan, disebutkan warga masih belum bisa bergerak karena akses utama jalan menuju desa tersebut terputus akibat longsor.

Salah seorang warga menyebutkan, kejadian itu berlangsung sangat cepat. Air katanya tiba-tiba datang dan menyeret apa saja yang ada di depannya termasuk rumah-rumah penduduk dan tanaman pertanian lainnya dan juga hewan ternak.

“Hujannya deras sekali, dari jam 2 siang. Sementara sibuk di dalam rumah, tiba-tiba ada suara gemuruh seperti Guntur. Tapi dicuek, pas keluar rumah, di jalan sudah banyak air danbanjir,” sebut Dhiny Andhiny Irmayanii, seorang warga yang baru saja menghubungi keluarganya di Desa Sintuwu melalui telepon seluler.

Ia menyebtukan, beberapa rumah ikut terbawa longsor. “Ada empat rumah kalau tidak salah, ada satu masjid, tapi mesjidnya cuma pagarnya saja. Terus ada kayu besar melintang di depan masjid,” imbuhnya.

Dikatakan, warga di desa tersebut tidak bisa kemana-mana, karena di sebelah kiri jalan longsor, sementara sebelah kanan sungai yang meluap. Tak hanya itu, warga juga masih was-was karena masih sesekali terdengar suara gemuruh dari reruntuhan longsor dan air bah.

Hingga berita ini diturunkan, belum diperoleh konfirmasi apakah ada korban jiwa dan jumlah kerusakan baik rumah maupun lahan pertanian, serta ternak warga. (afd)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here