Kontras Sulawesi Minta Oknum TNI Pukul Wartawan Diproses di Peradilan Koneksitas

MAKASSAR – KontraS Sulawesi mengecam keras tindakan penganiayaan yang dilakukan oleh oknum TNI anggota Kodim 1308 Luwuk Banggai, Sulawesi Tengah bernama Kopral Dua Salim atas wartawan Luwuk Post, Asnawi Zikri (26 Tahun).

Kecaman itu disampaikan Wakil Koordinator Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS) Sulawesi, Nasrum SH dalam rilisnya yang diterima redaksi beritapalu.com, Minggu (15/5/2016).

Ia juga mendesak aparat Kepolisian Resort Luwuk Banggai bekerja sama dengan Polisi Militer untuk memproses pelaku, oknum TNI tersebut bersama warga sipil lainnya yang terlibat melakukan kekerasan terhadap sdr Asnawi Zikri.

KontraS Sulawesi menegaskan kepada pimpinan TNI (khususnya Pimpinan Kodim Luwuk Banggai) agar tidak melakukan perlindungan kepada anggotanya yang terlibat secara langsung melakukan kekerasan terhadap wartawan Luwuk Post.

Nasrum berharap, aparat kepolisian Resort Luwuk Banggai agar tidak takut memproses secara hukum para pelaku termasuk oknum TNI yang secara jelas dan nyata melakukan pelanggaran hukum.

“Bahkan kami dari KontraS Sulawesi menghimbau agar pelaku terkhusus oknum TNI anggota Kodim Luwuk Banggai tersebut diperhadapkan ke Peradilan Konkesitas karena oknum TNI tersebut dalam melakukan kekerasan terhadap wartawan Luwuk Post dengan melibatkan warga sipil,” tegas Nasrum.

Hal ini katanya sebagai bentuk efek jera kepada siapa saja anggota TNI yang melakukan kekerasan terhadap warga sipil agar di proses secara hukum atau diperadilan umum. (wan/*)

 

Berita terkait:

Tidak Terima Ayahnya Dikorankan, Oknum TNI Pukul Wartawan di Luwuk

AJI Palu Kecam Aparat Keamanan Aniaya Jurnalis Luwuk

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here