Ceramah Ramadhan Fokus ke Tangkal Radikalisme

PALU – Puluhan dai yang akan diturunkan oleh Majelis Ulama Inondesia (MUI) Kota Palu pada ramadhan nanti akan difokuskan pada ceramah tentang pemahaman perbedaan agama, faham dan aliran dalam kaitannya dengan upaya menangkal radikalisme.

“Dakwah MUI pada bulan ramadhan ini tidak hanya sekedar memberikan pemahaman tentang hikmah ramadhan, melainkan lebih di orientasikan pada pemahaman tentang perbedaan mazhab, faham dan aliran, termasuk perbedan agama, budaya dan lainnya dalam rangka menangkal radikalisme,” ungkap Ketu MUI Palu, Prof. Dr. Zainal Abidin M.Ag, di Palu, Jumat (13/5/2016).

Menurutnya, gerakan radikalisme yang dibangun oleh sekelompok orang penganut faham dan aliran tertentu, memberikan ancaman terhadap kedaulatan negara serta mengancam keharomnisan dan toleransi antarsesama manusia dan penganut agama.

Dengan demikian, kata dia, faham dan aliran tersebut tidak dapat dibiarkan untuk tumbuh dan berkembang di daerah – daerah di seluruh Indonesia, dikarenakan lebih memberikan dampak yang sangat negatif.

Selain itu, faham dan aliran yang dibangun oleh sekelompok orang tersebut bertentangan dengan Undang – Undang Dasar 1945, Pancasila serta bertentangan dengan anjuran agama Islam.

Olehnya, sebut dia, umat Islam perlu untuk memahami dan mengetahui secara seksama tentang nilai – nilai perbedaan agama, aliran dan faham serta mazhab yang dianut oleh sekelompok orang.

“Tentu para dai atau penceramah yang diturunkan akan mengajak dan menjelaskan tentang Islam klasik dan Islam kontemporer atau Islam modern dari berbagai sudut disertai dengan dalil-dalil-nya,” urainya.

MUI Kota Palu katanya pada bulan ramadhan nanti akan menurunkan puluhan dai atau penceramahan untuk memberikan dakwah Islam kepada masyarakat khususnya umat Islam di daerah tersebut.

Tidak hanya memberikan dakwah Islam, MUIPalu juga akan memberikan bantuan kepada pegawai syarah di masjid- masjid yang dikunjungi oleh MUI di bulan ramadhan untuk menyampaikan dakwah Islam. (mat/*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Tim Polri di Operasi Tinombala Diganti Bertahap, Tambah Rp25 Miliar

Fri May 13 , 2016
JAKARTA – Kapolri Jenderal Badrodin Haiti akan mengganti anggota Polri yang sudah lama bertugas di Poso dalam Operasi Tinombala. Pergantian itu dilakukan Share on Facebook Tweet it Share on Google Pin it Email

Recent Post