Published On: Thu, May 12th, 2016

Turunkan Kemiskinan 7.192 Jiwa, Sulteng Dapat MDGs Award

JAKARTA – Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) menilai, Provinsi Sulawesi Tengah berhasil menurunkan angka kemiskinan dalam periode 2013-2015. Karena itu, dalam Musyawarah Rencana Pembangunan Nasional (Musrembangnas), pemerintah melalui Bappenas memberi anugerah Millennium Development Goals (MDGs) Award 2016.

Anugerah Millenium Development Goals (MDGs) Award dengan peringkat Terbaik I dalam Kategori Penurunan Kemiskinan secara Nasional 2013-2015  tersebut diterima oleh Gubernur Sulteng Drs. H. Longki Djanggola, M.Si yang diserahkan langsung oleh Menteri/Kepala Bappenas Sofyan Jalil disaksikan Presiden RI Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (11/5/2016).

Badan Pusat Statistik (BPS) merekam, jumlah penduduk miskin di Sulawesi Tengah pada September 2013 sebanyak  400,41 ribu jiwa atau 14,32 persen dari sejumlah penduduk. September 2014 menjadi 387,06 ribu jiwa atau 13,93 persen. Akhir September 2015 jumlahnya tercatat sebanyak 406,34 ribu jiwa atau 14,07 persen dari jumlah penduduk. Dengan kata lain terjadi penurunan angka kemiskinan 0,25 persen atau sebesar 7.192 jiwa dari 2.876.689 jiwa penduduk Sulteng pada September 2015.

Jumlah Penduduk  dan Persentase Penduduk Miskin di Sulawesi Tengah 2011 -2015. (Sumber: BPS Sulteng)

Jumlah Penduduk dan Persentase Penduduk Miskin di Sulawesi Tengah 2011 -2015. (Sumber: BPS Sulteng)

Menurut Longki, penghargaan ini adalah bentuk pengakuan dari Pemerintah Pusat atas kerja keras masyarakat dan Pemerintah Provinsi serta Kabupaten/Kota di Sulawesi Tengah dalam mengentaskan kemiskinan.

Millennium Development Goals (MDGs) atau dalam bahasa Indonesia diterjemahkan menjadi “Tujuan Pembangunan Milenium” adalah sebuah paradigma pembangunan global yang  dideklarasikan Konferensi Tingkat Tinggi Milenium oleh 189 negara anggota Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) di New York pada bulan September 2000.

Semua negara yang hadir dalam pertemuan tersebut berkomitmen untuk mengintegrasikan MDGs sebagai bagian dari program pembangunan nasional dalam upaya menangani penyelesaian terkait dengan isu-isu yang  sangat  mendasar tentang pemenuhan hak asasi dan kebebasan manusia, perdamaian, keamanan, dan pembangunan.

Deklarasi ini merupakan kesepakatan anggota PBB mengenai sebuah paket arah pembangunan global yang dirumuskan dalam beberapa tujuan yaitu ; Menanggulangi Kemiskinan dan Kelaparan; Mencapai Pendidikan Dasar untuk semua; Mendorong Kesetaraan Gender, dan Pemberdayaan Perempuan; Menurunkan Angka Kematian Anak; Meningkatkan Kesehatan Ibu; Memerangi HIV/AIDs, Malaria dan Penyakit Menular Lainnya; Memastikan Kelestarian Lingkungan Hidup; dan Membangun Kemitraan Global untuk Pembangunan.

Deklarasi MDGs merupakan hasil perjuangan dan kesepakatan bersama antara negara-negara berkembang dan maju. Negara-negara berkembang berkewajiban untuk melaksanakannya, termasuk salah satunya Indonesia dimana kegiatan MDGs di Indonesia mencakup pelaksanaan kegiatan monitoring MDGs. Sedangkan negara-negara maju berkewajiban mendukung dan memberikan bantuan terhadap upaya keberhasilan setiap tujuan dan target MDGs.

Berikut daftar daerah peraih anugerah Pangripta Nusantara 2016 :

  1. DKI Jakarta sebagai terbaik pertama kategori provinsi dengan perencanaan terbaik.
  2. DKI Jakarta sebagai terbaik pertama kategori provisi dengan perencanaan inovatif.
  3. Gorontalo sebagai terbaik pertama kategori provinsi dengan perencanaan progresif.

Sedangkan daerah yang memperoleh penganuerahan Millenium Development Goals (MDGs) Award 2016 :

  1. DKI Jakarta sebagai terbaik pertama kategori tingkat pencapaian MDGs tertinggi 2015.
  2. Nusa Tenggara Barat sebagai terbaik pertama kategori laju pencapaian MDGs terbaik tahun 2013-2015.
  3. Sulawesi Tengah sebagai terbaik pertama kategori pengentasan kemiskinan 2013-2015.
  4. DKI Jakarta sebagai terbaik pertama kategori indikator MDGs 2013-2015.

(afd/*)

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

%d bloggers like this: