Merasa Dianaktirikan, Bupati Taliabu Mau Gabung ke Sulteng

0
296

TERNATE – Bupati Kabupaten Taliabu, Aliong Mus mengancam akan bergabung ke Provinsi Sulawesi Tengah jika Pemrov Maluku Utara terus menganaktirikan kabupaten yang dipimpinnya.

“Saya jadi bertanya apakah Pemprov Maluku Utara mengakui Kabupaten Pulau Taliabu sebagai salah satu kabupaten di Maluku Utara atau tidak? Kalau tidak, saya akan masuk ke Sulawesi Tengah, lebih dekat rentang kendalinya,” ungkap Aliong, Senin (11/4/2016) seperti dikutip dari okezone.com.

Selaku pemimpin di daerah yang baru dimekarkan tiga tahun lalu itu, ia merasa perhatian yang diberikan dari Pemprov Maluku Utara sangat minim, bahkan dianaktirikan. Bayangkan katanya, APBD Maluku Utara sebesar Rp1,8 triliun, Taliabu hanya mendapat jatah Rp9 miliar lebih.

“Tahun 2015 kemarin dengan anggaran Rp1,8 triliun, Taliabu dapat tidak sampai Rp10 miliar, ini sesuatu yang sangat miris. Terus terang pemekaran sudah sekira tiga tahun, anggaran dari provinsi itu sangat minim sekali,” keluh Bupati yang baru dilantik 17 Februari 2016 ini.

Ia berharap dalam penganggaran tahun 2017, Pemprov Maluku Utara dan DPRD proposional dalam mengalokasikan anggaran sesuai kebutuhan masing-masing daerah. Terutama alokasi jalan yang menjadi tanggungjawab Pemprov Maluku Utara sepanjang 60 kilometer, namun baru dibangun sepanjang tiga kilometer.

“Saya tidak minta banyak-banyak, saya cuma minta jalan dan jembatan lingkar yang menjadi tanggungjawab provinsi. Dari 10 kabupaten/kota yang paling muda Taliabu, anggapan di sana nol pembangunan,” keluhnya.

(okezone.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here