Kerjasama IAIN, Pemkot Palu Gelar Seminar Pendidikan

PALU – Pemerintah Kota Palu menggandeng Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu Provinsi Sulawesi Tengah, untuk menggelar seminar pendidikan sebagai rangkaian kegiatan menyambut hari pendidikan nasional 2 Mei.

Wakil Wali Kota Palu, Sigit Purnomo Said menyatakan seminar pendidikan menjadi salah satu instrumen dalam mengasah dan mengembangkan kualitas guru yang ada di daerah tersebut.

“Seminar merupakan wadah bagian dari transformasi ilmu pengetahuan kepada guru, yang menjadi rangkaian kegiatan dalam menyambut hari pendidikan nasional,” ungkap Sigit Purnomo Said, di Auditorium IAIN Palu, Rabu (27/4/2016).

Mantan Vokalis Band Ungu itu menyebut peningkatan sumber daya manusia meliputi tenaga pendidik dan murid, menjadi upayah yang penting untuk dilakukan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa yang berdampak pada pembangunan perdaban manusia.

Dimana, kata dia, mencetak generasi muda atau siswa – sisiwi mulai dari taman kanak -kanan, sekolah dasar, SMP dan SMa sederajat, untuk memiliki keterampilan dan kulitas intelektual yang baik, dibutuhkan tenaga – tenaga pendidik yang terampil di berbagai bidang.

Bahkan untuk memenuhi target capaian pendidikan yang maksimal dibutuhkan tenaga pendidikan yang memiliki jiwa pendidik ditunjang dengan kemampuan komunikasi, serta kemampuan menyelesaikan masalah pendidikan yang dialami siswa.

Olehnya pemerintah Kota Palu, urai dia, berupaya melakukan hal itu dengan mengedepankan berbagai strategi yang salah satunya melaksanakan seminar pendidikan, yang diharapkan berdampak pada peningkatan pemahaman, kualitas guru.

“Banyak hal atau problem yang dialami oleh guru dilapangan atau disekolahnya masing -masing, saat melaksanakan tugasnya. Hal itu tentu butuh pendekatan -pendekatan tertentu, olehnya dibutuhkan wawasan yang luas dalam menyikapi problematik pendidikan,” ujarnya.

Sementara itu Rektor IAIN Palu, Prof. Dr. H. Zainal Abidin, M.Ag, mengatakan IAIN sebagai perguruan tinggi Islam negeri bersedia untuk bekerjasama dengan Pemkot Palu untuk meningkatkan kualitas pendidikan di daerah tersebut.

Pakar pemikiran Islam Modern itu menyebut IAIN akan berperan untuk memberikan solusi atas problem yang dialami oleh para guru dan stakehoulder pendidikan di daerah tersebut.

“Prinsipnya IAIN selaku perguruan tinggi, terus membantu pemerintah Kota Palu, untuk mencarikan solusi serta memberikan ide dan gagasan bahkan pertimbangan – pertimbangan dalam penyelenggaraan pendidikan, termasuk membentuk guru yang berkualitas,” ujarnya.

Seminar pendidikan nasional yang dibuka langsung oleh Wakil wali Kota Palu, Sigit Purnomor Said, dihadiri oleh Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan Pemkot Palu, Ansyar Sutiadi, Rektor IAIN, Prof. Dr. H. Zainal Abidin, M.Ag. (mat/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here