3 Perempuan Ini Jadi Pemicu Perpecahan Kelompok Santoso

POSO – Dari pemeriksaan awal terhadap kedua DPO teroris yang ditangkap oleh Satgas Operasi Tinombala pada 15 April 2016 lalu, terungkap jika terjadi perpecahan di dalam kelompok Santoso. Penyebabnya adalah tiga perempuan yang ikut serta dalam kelompok tersebut yaitu istri Santoso sendiri, istri Basri dan istri Ali Kalora.

Perpecahan itu pula yang menyebabkan ada anggota kelompok yang sedang diburu itu berusaha melarikan diri, termasuk kedua DPO tertangkap oleh aparat keamanan yaitu IR (21) alias Ibad alias Amru dan MS (18) alias Sul alias Fakih.

Kabid humas Polda Sulawesi Tengah AKBP Hari Suprapto dalam konferensi pers di Mapolres Poso, Selasa (19/4/2016) mengungkapkan hal tersebut. Katanya, kedua orang yang ditangkap itu menilai Santoso sudah tidak lagi sesuai dengan ajaran awal yang disampaikan. Tiga  perempuan itu katanya diperlakukan istimewa bagai ratu padahal Santoso sendiri mengajarkan bahwa perjuangan jihad itu harus meninggalkan keluarga tapi kemudian justru membawa ketiga perempuan tersebut.

“Hal-hal itu yang kemudian membuat kedua DPO itu berupaya melarikan diri dari kelompok Santoso,” sebut Hari Suprapto.

Ketiga perempuan itu masing masing diidentifikasikan sebagai Jamiatun Muslim alias Atun alias Bunga alias Umi Delima sebagai istri Santoso, Nurmi Usman alias Oma sebagai istri Basri dan Tini Susantika alias Umi Farel sebagai istri Ali Kalora.

AKBP Hari Suprapto menyebutkan, keterlibatan kedua DPO itu diantaranya sebagai pencari dan penyedia kebutuhan logistik dan pengumpul informasi bagi kelompok Santoso. Keterlibatan mereka dalam kelompok Santoso yaitu Fakih selama 6 bulan dan pernah mengikuti kegiatan pelatian para militer di desa Kilo, Kecamatan Poso Pesisir Utara.

Sedangkan Ibad sendiri sudah bersama kelompok Santoso selama 3 setengah tahun. Ibad diduga mengetahui berbagai kasus kekerasan dan teror yang dilakukan oleh kelompok Santoso. Polisi juga masih melakukan pemeriksaan dari keduanya untuk mengetahui lokasi keberadaan Santoso. (bay)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here