Wisata Air Panas Simbunga, Tujuan Wisata Baru di Donggala

0
137
Inilah mata air panas Simbunga. (foto: Jose Rizal)
Inilah mata air panas Simbunga. (foto: Jose Rizal)

DONGGALA – Obyek wisata air panas Simbunga, terletak di desa Masaingi, Kecamatan Sindue, Donggala. Sekitar 35 kilometer arah Utara Kota Palu.

Saat ini, air panas Simbunga merupakan salah satu tujuan wisata yang mulai ramai dikunjungi wisatawan. Di tempat ini, para wisatawan dapat menikmati sumber mata air panas yang menyembur dari balik batu.

Uniknya, di pinggiran batu dari mata air panas itu mengalir, terlihat berwarna merah muda seperti darah haid. Masyarakat setempat menamakan air panas itu air panas Simbunga yang artinya ‘Datang Bulan’.

Pengunjung beristirahat di balai dekat lokasi pemandian air panas. (foto: Jose Rizal)
Pengunjung beristirahat di balai dekat lokasi pemandian air panas. (foto: Jose Rizal)

“Kalau bulan mulai muncul di langit, maka di sekeliling mata air itu berwarna merah seperti haid. Itulah sebabnya orang tua kita dulu menyebutnya Nasimbunga (datang bulan),” ujar Kepala Desa Masaingi, Nawawian L Latjanu,di temui di lokasi itu, Minggu (17/4/2016).

Kades yang belum lama terpilih itu mengatakan, air panas Simbunga menjadi salah satu destinasi wisata di Donggala kurun waktu sebulan ini. Hal itu kata dia setelah dirinya dan masyarakat membenahi tempat itu yang sebelumnya di tumbuhi semak belukar.

Lanjut dia, air panas Simbunga merupakan potensi desa yang harus di kembangkan. Dan hal itu sudah dirumuskanya dalam 100 hari masa kerja sebagai sebagai kepala desa yang baru.

Anak-anak dengan riangnya bermain di lokasi Simbunga. (foto: Jose Rizal)
Anak-anak dengan riangnya bermain di lokasi Simbunga. (foto: Jose Rizal)

“Kalau tempat ini di kelola dengan baik, saya kira akan menjadi sumber pendapatan desa. Kita juga bisa memberdayakan masyarakat,” tuturnya.

Namun dia mengakui, obyek wisata itu belum memiliki infrastruktur yang memadai. Dia berharap, perhatian pemerintah daerah melalui dinas Kebudayaan dan Pariwisata Donggala, agar kelak tempat tersebut layak untuk di jadikan tempat permandian.

“Masih banyak kekurangannya.Semoga pemerintah daerah bisa membantu sebagai wujud partisipasif mendukung Donggala Kota Wisata. Pun demikian tempat ini sudah ramai di datangi oleh wisatawan dari berbagai daerah. Malah ada yang dari Makassar yang berkunjung ke sini,” tukasnya. (j.rizal/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here