Operasi Tinombala, Siswa di Napu Lebih Tenang Ikuti Ujian Nasional

POSO – Gelar operasi keamanan bersandi Tinombala 2016 yang mencakup wilayah Napu di kecamatan Lore Utara, Kabupaten Poso ternyata membuat siswa-siswi di wilayah itu lebih bisa berkonsentrasi mengikuti Ujian Nasional (UN) yang diselenggarakan serentak selama 3 hari mulai 4 hingga 6 April 2016.

Setidaknya pengakuan itu disampaikan oleh sejumlah siswa dan siswi dan guru-guru serta kepala sekolah SMAN Lore Utara yang juga satu-satunya SMAN di kecamatan Lore Bersatu mencakup Lore Utara, Lore Timur, Lore Selatan dan Lore Piore.

Kepala Sekolah SMAN Lore Utara Rostin Tohea kepada beritapalu.com menyebutkan, sekitar 40 persen siswa-siswinya bertempat tinggal di luar Lore Utara, atau jika dihitung dalam ukuran jarak tempuh terbilang cukup jauh. Waktu perjalanan bisa mencapai 1 jam ke sekolah.

Rostin mengakui, Operasi Tinombala sempat membuat was-was terhadap siswa-siswinya menjelang pelaksanaan UN. Namun kemudian ia merasakan dukungan dari aparat gabungan yang ada karena dari sisi keamanan pelaksanaan ujian membuat lebih baik.

“Kami sampaikan kepada seluruh orang tua siswa yang letak rumahnya cukup jauh dari sekolah itu agar seminggu menjelang UN kalau bisa diinapkan di Lore Utara atau di Wuasa. Bisa dengan keluarganya atau menumpang sementara di rumah temannya. Dan itu disambut baik oleh orang tua siswa karena juga mengkhawatirkan terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan di jalan sehingga tidak bisa ikut UN,” sebutnya.

Alhasil lanjutnya, dari 139 siswanya yang terdaftar, hanya satu orang yang tidak menuntaskan UN karena letak rumahnya yang cukup jauh. Walau demikian, pihaknya mengaku sudah melaporkannya untuk diikutkan dalam ujian susulan.

Sementara itu, I Nyoman Santi Diantara, salah seorang peserta UN dari Desa Siliwanga, Kecamatan Lore Peore mengaku bahwa adanya aparat keamanan di wilayahnya justeru membuatnya bisa lebih tenang belajar dan mengikuti UN. Perjalanannya dari rumah ke sekolah yang bisa memakan waktu hingga 1,5 jam naik motor itu lebih aman karena demikian banyak aparat di jalan.

Di bagian lain, Pengawas UN Dinas Pendidikan Kabupaten Poso Nurhadi yang kebetulan sedang melakukan pengawasan dis ekolah itu menyatakan, secara umum pelaksanaan UN di Poso berjalan aman dan lancar tak terkecuali di Lore Utara. Di Lore Utara terdapat dua sekolah yang menggelar UN yakni SMAN Lore Utara di Desa Wuasa dan SMKN yang terletak di  Desa Maholo.

“Koordinasi kami dengan aparat keamanan berjalan sangat baik. Tim Operasi Tinombala memberikan dukungan pengamanan yang sangat maksimal dalam ujian ini. Pengamanan kedua sekolah ini sangat bagus, walaupun  dilakukan dengan sistem pengamanan tertutup,” ujar Nurhadi

Sementara itu, pelaksanaan Operasi Tinombala di wilayah itu masih teru dilakukan. Sejumlah aparat gabungan dari TNI-Polri masih lalu lalang di jalan-jalan utama. Sejumlah personil lainnya diterjunkan ke hutan-hutan untuk memburu Santoso yang kini dikabarkan makin terdesak dan kehabisan logistik. (afd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here